Skip to main content

Kontroversi dokumen Killian


Seingat penulis, film ini menjadi film kedua yang pernah penulis simak dan membahas seputar acara 60 Minutes. Sebelumnya, ada kisah The Insider dengan Al Pacino duet Russell Crowe.

Sama dengan The Insider tentunya, film ini berdasarkan kasus nyata. Sejauh yang bisa penulis tangkap adalah seputar investigasi Presiden Amerika saat itu, Bush, dan masa lalunya di militer.

Gong film ini baru terasa dengung kerasnya di bagian "Microsoft Word". Dan, buat penulis, bagian tersebut sangat menarik. Seolah-olah ada ombak besar yang mengangkat lalu menjatuhkan dengan keras. Dan, memang seperti itulah yang dialami karakter nyata Mary Mapes, orang yang bertanggung jawab pada acara 60 Minutes episode Killian documents.

Film bergenre seperti ini biasanya akan manis bila diakhiri dengan hook tajam, dimana karakter utama "dijatuhkan" dalam-dalam lalu bangkit bagaikan elang muncul terbang menyeruak dari dalam tanah. Tapi, tidak disini. Kisah dalam film ini tidak hanya menyeret karakter Mary Mapes dari eforia sesaat, tapi juga mengubur semuanya dalam kebias-an.

Pesan moral versi penulis dari film ini, seperti yang diungkapkan oleh Mary Mapes di sidang jurnalis, bahwa kebenaran akan dilawan keras. Seputar fisik memo yang diperdebatkan justru pada masalah font (bentuk huruf), superscript "th", spacing, alinea, dan sebagainya, bukan pada isi memo.

Apapun itu hasil investigasi kasus Killian, buat penulis film ini memiliki bahan wawasan baru. Nice story.

Truth (2015) - 7/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10