Skip to main content

Kebanggaan dalam berwisata halal

Menurut data dari kemenpar.go.id, bahwa di penghujung tahun 2016 lalu, ada kabar menggembirakan bagi dunia pariwisata kita. Dimana sebanyak 12 kategori dari 16 kategori dalam World Halal Tourism Award 2016 yang berlangsung di Abu Dhabi, UEA, berhasil disapu bersih sebagai jawara.

Mengutip dari studipariwisata.com , wisata halal dapat diartikan sebagai bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan Muslim dengan pelayanan pariwisata yang merujuk pada aturan-aturan Islam. Dan bila dilihat dari hasil ajang World Halal Tourism Award 2016, ada maskapai penerbangan ternama, bandar udara hotel, kuliner, dan (bahkan) propinsi yang berhasil menjadi juara, membuktikan bahwa wisata halal Indonesia diakui dunia bukan dari mayoritas kepercayaan penduduk tetapi tentang kualitas pelayanan dan budaya-nya. Sayangnya, di saat mata dunia mengakui wisata halal indonesia, di belahan propinsi lain sedang memperlihatkan kepada dunia tentang panasnya etika kemelut politik juga agama dalam negeri.

Dibalik nama besar sebuah maskapai penerbangan, tembok megah hotel, atau wilayah propinsi, ada kerja keras dari banyak ragam manusia dengan aneka background suku,ras, dan agama. Dengan demikian, keberhasilan prestasi wisata halal dalam negeri bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, atau golongan mayoritas, atau juga pelaku industri pariwisata, melainkan tanggung jawab bersama mulai dari elemen pemerintah hingga masyarakat.

Di luar pemerintah dan pelaku indsutri pariwisata, tentunya masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam meningkatkan wisata halal dengan dua hal kecil sederhana yaitu smile dan safety. Memberikan keramahtamahan dan kenyamanan berwisata di Indonesia.

Semoga dengan prestasi internasional yang telah diraih, semakin membangun kepercayaan dari dua sisi. Kepercayaan diri sebagai bangsa dengan ragam suku-agama-ras yang indah dalam persatuan dan kepercayaan dunia untuk berwisata di Indonesia.

Salam pariwisata...

Comments

  1. Karena sekarang orang-orang suka banget berwisata. Kalo soal halal biasanya sih orang2 lebih ke arah makanannya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for late respons but thanks for comments :-(

      Delete
  2. Wisata halal menjadi point interest tersendiri bagi wisstawan muslim, jd suka atau tidak, semua sektor wisata mmg hrs mempersiapakan diri utk mendukung wisata halal.

    @ririekayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for late respons but thanks for comments :-(

      Delete
  3. Semoga kedepannya politik tidak menjadikan prestasi Indonesia jatuh dalam bidang wisata halal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin bu..
      Sorry for late respons but thanks for comments :-(

      Delete
  4. yaappp bener banget gak cuma dari sekelompok mayoritas saja, kita semua yang harus berusaha untuk mengembangkannnya. @iva_gs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for late respons but thanks for comments :-(

      Delete
  5. Wah setuju nih, hal kecil yg bisa kt sbg masyarakat lakukan adalah smile dan safety.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smileee ;=(

      Sorry for late respons but thanks for comments :-(

      Delete
  6. Sorry for late respons but thanks for all comments :-(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10