Melawan raksasa nikotin


Durasinya panjang dengan 3 CD.

Alur cerita dan konflik film ini sebenarnya drama yang cukup berat. Namun, penulis mencoba mengurai melalui versi penulis sendiri.

Adalah Jeff Wigand yang diperankan Russell Crowe sebagai orang biasa dengan kemampuan skill intelektual di atas rata-rata. Beberapa jabatan bergengsi di berbagai perusahaan kesehatan pernah ia jabat, hingga Jeff bekerja sebagai wakil direktur di salah satu raksasa produsen rokok di Amerika sana.

Film dibuka dengan kisah pemecatan sepihak yang dialami Jeff Wigand dengan alasan "kemampuan komunikasi yang buruk". Namun sebenarnya yang terjadi menurut versi Jeff adalah berkat pengalamannya bekerja di dunia kesehatan, Jeff merasa bahwa konsep perusahaan rokok melawan prinsipnya terutama kemanusiaan.

Pemecatan Jeff berbuntut panjang. Salah satunya adalah Jeff merasa terancam baik personal maupun keluarganya. Hal inilah yang kemudian memicu konflik sebenarnya.

Dimana latar belakang pemecatan Jeff akan disiarkan secara ekslusif oleh salah satu acara televisi terkenal, 60 Minutes. Tentu saja korporasi level raksasa mencoba menentang dengan kekuatan uang bahkan bila diperlukan stasiun televisi pun akan dibeli oleh produsen rokok agar "tutup mulut".

Konfliknya menarik. Berliku dan kuat. Tidak lain dan tidak bukan, pengaruh kharisma akting Al Pacino duet Russell Crowe disini memang sempurna. Gaya Al Pacino memang ber-kharisma meski secara usia tidak lagi muda. Dipadu dengan gaya canggung oleh Russell Crowe yang bertindak sebagai whistleblower dalam sejarah hukum Amerika. Satu hal yang menarik juga dari film ini adalah keberanian mengungkap kisah nyata tanpa menyamarkan nama.

Sepanjang segmen pertama hingga berikutnya, film masih bisa dicerna meski ada yang sulit dicerna yaitu bagian hukumnya. Segmen ketiga ketika marak black campaign ditujukan pada karakter Jeff, alur cerita mulai "berat".

Bagi penulis sendiri, bila berkaca pada lokal, industri tembakau memang dilema tersendiri. Di satu sisi merugikan kesehatan dunia, namun disisi lain memberi kehidupan bagi jutaan orang. Tak hanya itu, secara lokal, pendapatan negara skala besar salah satunya adalah dari industri rokok.

The Insider (1999) - 7/10