Skip to main content

The Black Swan yang mengubah dunia balerina


Satu lagi, sebuah film atau tepatnya dokumenter yang bisa dijadikan sebagai inspirasi kita.

Berisi tentang sedikit perjalanan dan perjuangan karir seorang Misty Copeland di dunia seni tari balet.

Balet umumnya dikenal sebagai pentas seni tari, musik, dan opera yang berkelas. Dan, bagi penulis yang cukup awam, umumnya penari balet berkulit putih.

Menariknya, seorang Misty Copeland mampu memecahkan hal umum di dunia seni tari balet. Tidak banyak penari balet dari kulit berwarna yang mampu menembus kancah internasional, salah satunya adalah Misty Copeland. Bakat dan perjuangannya menekuni seni tari balet tidak hanya membawa pentas balet ke beberapa negara di dunia tapi juga diakui oleh kancah internasional.

Dari film ini, ada wawasan baru serta inspirasi tersendiri dari secuil perjalanan karir Misty Copeland. Bahwa, bakat serta kesuksesan itu tidak datang dalam waktu 1 atau 2 hari. Bukan juga karena fisik sempurna ataupun kecantikan, melainkan dari perjuangan, perjalanan, dan pengorbanan yang panjang. Pencapaian yang dicetak Misty bukan pencapaian jangka pendek, melainkan buah dari latihan sejak dari muda.

A Ballerina's Tale (2015) - 6/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10