Skip to main content

Terjebak di antara bumi dan langit



Banyak nama besar yang menggawangi film ini. Di jajaran pemainnya ada Mark Wahlberg, Rachel Weisz, dan Saoirse Ronan yang kali ini tidak tampil dengan kelincahannya seperti di Hanna. Di bagian sutradara ada Peter Jackson dan produser Steven Spielberg.

Film yang unik. Bungkusan luarnya seperti beraroma fantasi namun ternyata merupakan film misteri. Unsolved tepatnya. Dan kekuatan film ini terletak pada unsolved tersebut. Mengandalkan sisi "sayang sekali".

Uniknya adalah film ini bertema misteri hanya tidak beratmosfir seperti umumnya film misteri yang dark, suram. Justru dibalut dengan kisah dari sudut pandang korban yang berada di antara bumi dan langit. Fantasi tersebut akhirnya menampilkan sudut indah seolah memposisikan cerita di surga. Ada misteri, ada animasi, ada fantasi di dalamnya.

Film ini seolah berfantasi tentang indahnya dunia yang disebut surga. Namun, menyakitkan bila di satu sisi berada di surga namun masih bisa "memandang" dunia. Karena menyaksikan kehidupan di dunia dari dunia lain tentu akan menyakitkan ketika banyak mimpi banyak cerita yang belum sempat terwujudkan. Dan itu yang ditampilkan dengan sudut pandang Sussie Salmon disini. Indah namun menyakitkan.

The Lovely Bones (2009) - 7/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10