Skip to main content

Ada cerita dari film Mean Creek


Luar biasa. Film yang sangat simple. Dalam kesederhanaan ada cerita yang kuat. Dukungan akting berkualitas dari para bocah dan remaja menjadi penguat jalan cerita.

Film ini menampilkan karakter yang berbeda-beda kemudian dipertemukan dalam sebuah dilema besar. Mencoba menyelami jalan cerita kemudian terbawa arus hingga tenggelam dalam dilema tersendiri.

Apakah di luar kesengajaan? Apakah karena terlalu menyebalkan? Terlalu sombong? Apakah karena emosi? Apakah salah didik orang tua? Hingga pada satu jawaban versi penulis, semua bisa dipersalahkan.

Menurut penulis, tidak akan terjadi bila tak ada api. Namun, apa yang dilakukan pihak Sam dkk juga tak bisa dibenarkan. Akan tetapi, kecelakaan tersebut juga di luar kesengajaan hanya karena ingin melerai. Meskipun begitu, George sendiri telah diperingatkan oleh rekan-rekan Marty untuk diam, serta memiliki kualitas sosialisasi yang sedikit kasar dan selalu berusaha tampil lebih hebat dari rekan sebayanya.

Salah satu kehebatan film ini juga terletak pada akting yang menawan. Sebut saja si kecil Rory Culkin yang bermain natural. Atau Josh Peck yang berhasil "menyebalkan" dalam karakternya sebagai George.

** 2 Thumbs UP **

Mean Creek (2004) - 8/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10