Skip to main content

Cerita dari film Gantian Dong


Nostalgia sejenak dengan film lokal klasik yang masih asyik disimak.

Formula komedinya biasa tetapi khas dan santai. Komedi plus bintang seksi kala itu. Ira Wibowo, Lia Waroka, Chintami Atmanegara.

Alur ceritanya per segmen pendek-pendek. Segmen Indro ditaksir Lola, Kasino naksir Vera, Dono naksir Lola, jalan-jalan ke pantai, vila.

Melihat film Warkop ini juga melihat apa yang menjadi trend teknologi dan sosial saat itu. Dulu, belum ada WhatsApp brow, WeChat, Kakao, Blackberry Z10, BBM, BeeTalk, Line Play, atau juga belum "ditemukan formula" mencari jodoh lewat Skout, OKCupid, MeetMe, Badoo, Flirt, Tagged, Twitter atau juga status Facebook. Dulu, teknologi yang "canggih" menurut film ini adalah CB (Cell Broadcasting). Mulai dari ngobrol hingga flirt mencari jodoh.

Momen yang sering diingat dari film ini salah satunya adalah lagu lawas milik Farid Hardja Bercinta di Udara.

Selain mengangkat tema teknologi yang sedang naik daun, film ini juga mengangkat tema sosial yang juga lagi "ramai". Yaitu breakdance.

Gantian Dong (1985) - 6/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10