Skip to main content

Sebuah masalah yang sulit dipecahkan dari The Dorky Guy


Hanya mendesah pelan sambil berkata...gila... Film yang luar biasa. Great story here.

Pembunuhan. Sang pembunuh diketahui. Yang dibunuh juga diketahui. Lalu? Sineas "biasa" tentu tak akan tertarik dengan kisah yang "sudah dibuka semua kartu rahasianya". Konsep standar adalah "ada pembunuhan, lalu siapakah yang membunuh?"

Disinilah letak kreatif manis film ini. Sebuah kasus pembunuhan sudah dijelaskan di bagian awal kemudian dikembangkan dengan kisah romantis yang bisa membuat menangis. Tak berhenti disitu, di sela-sela jalan cerita bersembunyi dari kejaran polisi, diselipkan konflik dilema.

Seorang guru matematika yang jauh dari kesan eksekutif muda keren, jatuh hati pada seorang pramusaji cantik. Pramusaji cantik ini ternyata melakukan "kesalahan" ketika mantan suaminya berlaku kasar. "Kesalahan" tak disengaja tersebut menghilangkan nyawa sang mantan suami. Di tengah kekalutannya, guru matematika, yang dijuluki The Dorky Guy, itu memberi pertolongan.

Di tengah kisah cinta tak sampai tersembunyi dibalik kriminal ini secara manis diselipkan konflik dilema. Dimana karakter sang pembunuh ternyata justru merupakan teman lama sang polisi. Dan, setelah dibantu namun cinta belum terbalaskan.

Alur cerita film ini berjalan pelan, sangat detail, namun tak jatuh membosankan. Justru setiap konfliknya semakin ke dalam semakin menarik. Mampu menarik emosi untuk ikut larut ke dalam jalan cerita.

Usaha keras sang pramusaji "melarikan diri" dari kejahatannya sendiri, lumayan menegangkan. Tetapi penolakannya, cukup menyakitkan.

Usaha keras sang tokoh polisi membongkar kasus pembunuhan, enak diikuti dan seru. Dan, jujur, buat penulis tusukan pertama film ini adalah ketika menyadari bahwa sang polisi berteman dengan sang pembunuh. Sebuah cabang cerita yang luar biasa hebat.

Usaha keras guru matematika mengambil hati tetangganya, cukup membuat haru. Apalagi bagian "surat terakhir" yang dilengkapi dengan suara sendu angel's voice di bagian ending yang melengkapi suasana tragisnya cinta tak terbalas. Akting tokoh guru satu ini, benar-benar luar biasa dingin.

Nice movie!

Perfect Number (2012) - 7/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10