Skip to main content

Inspirasi bermakna dari Chuck Noland


Film yang sangat-sangat bagus. Perlu seorang sutradara hebat untuk membuat film sederhana seperti ini. Robert Zemeckis. Juga, pastinya perlu seorang aktor berkualitas tinggi untuk memerankan karakter Chuck Noland. Tom Hanks.

Alur ceritanya sederhana saja. Ringan. Namun kesan yang ditimbulkan sangat keras dan menempel. Film ini seperti sebuah visual titik kehidupan manusia karena semua pasti pernah "terdampar sepi sendiri" entah dalam kondisi sebenarnya atau kondisi ekonomi atau kondisi jiwa. Apa yang harus dilakukan ketika terjatuh, sendirian? Tetap berusaha. Seperti yang dipesankan oleh Chuck disini. Yang diperlukan hanyalah "tetap bernapas karena besok mentari tetap akan terbit dan siapa tahu akan ada gelombang pasang..."

Momen paling emosional bagi penulis adalah saat-saat Chuck kembali kedua kalinya mencoba menembus ombak. Yang pertama, kurang pengalaman dan gagal. Yang kedua, sangat emosional karena harus meninggalkan pulau kecil-nya.

Pesan yang tertangkap dari film ini adalah melalui Chuck Noland yang tetap bertahan. Dikisahkan terdampar selama 4 Tahun. Sekecil apapun peluangnya, tetaplah bertahan, berusaha, juga belajar. Dan melalui kisah Chuck ini, penulis juga belajar, bahwa bila memang Dikehendaki maka kita akan "dijaga". Percaya tak percaya. Semua sejatinya telah disiapkan bagi kita. Seperti sebuah sepatu ski es yang berfungsi cabut gigi, kayu sebagai pembuat api. Sebuah sampah plastik yang dikirm entah dari mana oleh siapa tidak jelas, yang akhirnya menjadi layar.

Bahkan, ini menarik juga, pada saat yang tepat, sebuah semburan air (menurut hemat penulis, semburan air itu berasal dari ikan paus) membangunkan Chuck dari lelahnya terapung sendirian di tengah samudera. Seakan-akan, seluruh semesta akan menjaga kita dalam kondisi apapun asal kita percaya dan berusaha.

Begitu juga ending-nya. Benar-benar telak. Alur cerita film ini seperti dengan cerdas membalikkan menerjang emosi seperti ombak menerjang Chuck membabi buta. Setelah mengikuti perjalanan panjang Chuck, di ujung perjuangannya justru harus menerima kenyataan bahwa dirinya telah dianggap mati dan ditinggal kawin lagi....

Luar biasa melihat penampilan kelas dewa Tom Hanks. Totalitas aktingnya memang sempurna. Disini Tom Hanks seperti berperan dua kali, pertama dengan fisik gemuk makmur, kedua dengan fisik gondrong dan sangat kurus. Hebatnya lagi, aktingnya memang terasa natural dan tidak berlebihan atau overacting. Salut.

Film yang tak hanya menghibur atau memukau tetapi juga bila dipandang dari sudut lain, film ini juga sarat inspirasi untuk tetap bertahan dalam kondisi apapun. Very nice and memorable movie ever.

Cast Away (2000) - 8/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10