Skip to main content

Lihatlah Ayahmu


Penulis ingat mendapatkan film ini setelah puluhan tahun rilisnya, memang sangat sulit (setidaknya di kota asal penulis). Beberapa rental yang penulis datangi tidak memiliki lagi jejak film karya Nick Cassavetes ini. Beruntung penulis menemukan sebuah rental klasik/lawas di pojok kota yang memiliki jejak film jadul cukup banyak. Awesome.

Ketika menyimak ulang film tahun 2002 ini, film ini seolah berkata "Look at your daddy..." Lihatlah (perjuangan) ayahmu. Menggetarkan sekali. Mungkin ayah kita bukan siapa-siapa di dunia. Bukan politikus, bukan selebritis, bukan Donald Trumph, atau juga bukan David Copperfield. Ayah kita adalah pejuang. The Real Warrior for us. Penulis flashback ke masa kecil dan teringat tema film ini ketika masa kecil dan jatuh sakit.

Denzel Washington? Absolutely great actor. Dengan kekuatan aktingnya, film ini menjadi menonjok dan nendang. Perjuangan Denzel sebagai John Q yang rela berkorban demi anak kesayangannya mampu membuat penulis betah menyimak film ini hingga kredit akhir.

John Q (2002) - 8/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10