Skip to main content

Invincible

Diawali dengan singkat, seputar gambaran siapa Vincent Papale. Seorang pria biasa yang sedang bermasalah dalam ekonomi hidupnya. Pekerjaan sebagai guru harus rela ditinggalkan dan beralih ke pelayan bar lokal Philadelphia. Belum sampai di situ, himpitan ekonomi juga mengkandaskan tangga Vincent.

Di lain tempat, klub American Football NFL Philadelphia Eagles sedang mengalami keterpurukan dalam. Sebuah langkah mengejutkan diambil oleh pelatih Eagles, Dick Vermeil, yaitu membuka rekrutmen bagi siapa saja yang tinggal di Philadelphia.

Siapa sangka, seorang penduduk lokal biasa berbekal ilmu sepakbola Amerika ala jalanan dan bermodal kecepatan lari luar biasa akhirnya bisa mencatatkan dirinya sebagai salah satu pemain fenomenal dalam sejarah NFL.

Vince Papale? Jujur, penulis tidak mengenal sejarahnya. Bahkan namanya pun baru tahu dari film ini. Namun, disinilah letak kekuatan film Walt Disney. Memasukkan sekelumit biografi tokoh ke dalam film dan sanggup memberi motivasi tersendiri kala menontonnya. Sangat berkesan.

Invincible (2006) - 7/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10