Skip to main content

Anarkis demi masa depan

Battle In Seattle movie
Penulis teringat film lawas yang juga memiliki kemiripan tema yaitu Bloody Sunday. Mengangkat tema tentang demonstrasi berskala besar yang akhirnya tercatat dalam sejarah bukan misi demonstrasi melainkan akibatnya. Chaos

Dalam film ini, mengisahkan tentang demo besar-besaran yang terjadi di Seattle mencegah lahirnya kebijakan internasional oleh WTO. Dalam 1 moment, dilihat dari beberapa sudut berbeda. Dari mata pendemo yang memiliki misi dunia, dari sudut walikota Seattle sebagai tuan rumah, dari sudut pers, dan dari sisi kepolisian.

Di film ini lebih menekankan akibat fatal yang terjadi akibat misi mulia sekaligus misi pribadi dari sekelompok pendemo yang peduli lingkungan. Demo damai itu akhirnya harus bersambung rusuh secara massal. Dan semua pihak rugi. Semua pihak salah. Di luar pihak-pihak berkepentingan menjadi korban.

Jalan ceritanya sendiri sebenarnya menarik dan mampu menarik tensi saat menyimak sepanjang film. Meski bagi penulis alasan demo seputar WTO terasa berat karena tidak tahu sejarahnya secara detail.



Battle In Seattle - 7/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10