Skip to main content

Kondisi Tidak Sesuai Harapan

Ini merupakan salah satu trik penulis dalam memilih film yang pas sesuai selera. (Meski sampai sekarang) kadang penulis masih mendapatkan "salah pilih" atau film yang jauh dari harapan. So, it's just share.

Pertama ketika penulis mendapatkan judul dan poster, bila menarik, sekilas penulis melihat jajaran cast pendukung. Bila masih belum "puas", penulis mengandalkan IMDB untuk rating. Dalam hal IMDB, penulis memakai patokan sendiri untuk kategori bagus.

Namun, sering juga kondisi tidak sesuai harapan. Penulis melihat poster film sangat keren menantang, ternyata hanya mendapat ranking versi IMDB justru standard atau bahkan wasting time. Menghadapi dilema ini, penulis mengandalkan data wikipedia. Kolom rujukan utama adalah kolom Box Office. Bila kolom Box Office melebihi atau bahkan jauh melebihi data Budget, maka dapat dikatakan banyak peminat dan biasanya memiliki nilai lebih. Sebaliknya, kadang ada film yang justru tidak menjadi Box Office malah mendapatkan nilai fantastis di IMDB.


Dalam stuasi seperti di atas, maka penulis memilih hold dulu sembari mencari film yang lain.

Itulah sepenggal dilema ketika melakukan hobi.

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10