Skip to main content

Ketika Menjadi Yang Terlupakan

8 Below Movie

Sepanjang film yang pernah ditonton, penulis mendapatkan ciri khas dari film-film produksi Walt Disney. Yaitu, jarang sekali ada adegan yang berdarah. Dan, untuk urusan inspirasi motivasi, film Walt Disney termasuk sangat bagus serta ramah dalam membungkus pesan melalui media film. Salah satunya film besutan sutradara Frank Marshall ini. Dikatakan film ini Based On True Events atau setidaknya pernah terjadi. Tentang perjuangan hidup dari para anjing kutub yang karena kondisi akhirnya harus "terpaksa" ditinggalkan oleh tuannya, Jerry Shephard (Paul Walker), selama berbulan-bulan lamanya.

Penulis memiliki inspirasi tersendiri terhadap film ini. Memandang dari sudut lain. Memang sebagai "aktor utama" yang dipakai adalah anjing, namun bila dicerna lebih dalam pesan film ini sangatlah indah. Bagaimana para kawanan anjing tanpa tuannya, terlantar di hamparan Antartika selama berbulan-bulan. Keadaan nyaman selama ini berubah menjadi petualangan menyambung hidup di hamparan daratan es yang sangat luas. Tapi tetap saja "Ada" yang merawat serta menuntun mereka. Akhirnya, film ini memberi pertanyaan dalam hati, "Lalu bagaimana dengan kita manusia? Masihkah kita merasa kuatir dengan hidup dan hari esok?"


Eight Below (2006) - 8/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10