Anarkis demi masa depan

Battle In Seattle movie
Penulis teringat film lawas yang juga memiliki kemiripan tema yaitu Bloody Sunday. Mengangkat tema tentang demonstrasi berskala besar yang akhirnya tercatat dalam sejarah bukan misi demonstrasi melainkan akibatnya. Chaos

Dalam film ini, mengisahkan tentang demo besar-besaran yang terjadi di Seattle mencegah lahirnya kebijakan internasional oleh WTO. Dalam 1 moment, dilihat dari beberapa sudut berbeda. Dari mata pendemo yang memiliki misi dunia, dari sudut walikota Seattle sebagai tuan rumah, dari sudut pers, dan dari sisi kepolisian.

Di film ini lebih menekankan akibat fatal yang terjadi akibat misi mulia sekaligus misi pribadi dari sekelompok pendemo yang peduli lingkungan. Demo damai itu akhirnya harus bersambung rusuh secara massal. Dan semua pihak rugi. Semua pihak salah. Di luar pihak-pihak berkepentingan menjadi korban.

Jalan ceritanya sendiri sebenarnya menarik dan mampu menarik tensi saat menyimak sepanjang film. Meski bagi penulis alasan demo seputar WTO terasa berat karena tidak tahu sejarahnya secara detail.



Battle In Seattle - 7/10