Perjalanan panjang yang tandus


Jadi sebelum ada kisah Cheryl Strayed yang berjalan kaki melintas alam dengan rute Pasific Crest Trail-nya, ada seorang wanita tangguh lainnya yang "lebih dulu" mencetak sejarah dengan perjalanan lintas alam.

Sendirian.

Wanita ini bernama Robyn Davidson. Meski bernama Davidson, tapi wanita ini lebih memilih berjalan kaki dengan 4 unta dan seekor anjing ketimbang naik motor Harley.

Robyn Davidson, seorang wanita berasal dari Australia, memilih rute jalan kaki lintas gurun dari Alice Spring ke Samudera Hindia. Dan perjalanan itu terjadi pada tahun 1977.

Wow!!

Jika dibandingkan dengan Cheryl Strayed berdasarkan jarak, rekor Robyn Davidson belum terpecahkan. Tapi, sekalipun demikian, tetap mereka berdua adalah sosok wanita luar biasa hebat yang lelah dengan hingar bingar dunia modern dan memilih melepaskan sejenak rutinitas kehidupan manusia dengan beban ekonomi.

Sebenarnya ada satu film lagi yang juga menceritakan petualangan perjalanan lintas alam berjalan kaki. Seingat penulis dan yang berkesan adalah film Way Back. Hanya bedanya, di film itu para pelakunya adalah sekumpulan pria dan dalam rangka melarikan diri di jaman perang.

Alur cerita di film ini tentu saja sangat sederhana. Menceritakan poin-poin penting selama perjalanan tandus yang dilakukan oleh Robyn. Seorang diri.

Tentu saja tantangan film ini adalah bagaimana menyajikan suasana perjalanan tandus Robyn senyata mungkin. Dan, menurut penulis, film ini cukup mampu menampilkan "kerasnya" alam menantang setiap langkah Robyn.

Penulis suka film ini. Memiliki inspirasi meraih mimpi, sabar, dan pemikiran akan sebuah pepatah "jarak ribuan mil dimulai dengan satu langkah".

Alasan lain, tentu saja hadirnya seekor anjing yang secara bijak dan cerdas menemani perjalanan Robyn. Momen tersesat karena mencari kompas, sangat mengharukan. Betapa seekor anjing, Dig, memiliki naluri yang cantik membimbing tuannya untuk kembali ke jalur yang benar.

Sangat menyakitkan menyaksikan Diggity ini secara tak sengaja meminum racun dan tidak bisa menemani Robyn di sisa perjalanan lintas gurun Australia...

Atmosfir film ini bertumpu pada kualitas akting Mia Wasikowska yang sangat bagus. Drama kesendirian dan kerasnya alam gurun yang dialami Robyn Davidson, mampu disampaikan secara dekat oleh Mia.

Perjalanan Robyn Davidson ini ternyata juga pernah dimuat di majalah kualitas dunia, National Geographic. Dan memang terasa emosional ketika menyaksikan adegan surat balasan dari National Geographic dan bersedia menjadi sponsor perjalanan dengan mengirim seorang fotografer, Rick Smolan untuk mendokumentasikan perjalanan Robyn Davidson.

Tracks (2013) - 7/10