Skip to main content

Bruce Lee's inner demon


Sebuah film klasik yang menceritakan sisi kehidupan seorang Bruce Lee. Seperti yang dikatakan istrinya di akhir cerita, bahwa banyak orang yang masih mencari tahu tentang kematian Bruce Lee, tapi Linda Lee lebih memilih untuk "berbicara" tentang Bruce Lee yang ia kenal semasa hidupnya.

Tentu saja sulit rasanya merangkum kehidupan seorang Bruce Lee. Plot cerita film ini mengambil beberapa titik penting pada kehidupan serta karir Bruce Lee.

Dari sisi plot cerita, film ini biasa saja. Hanya yang berkesan adalah nilai memori-nya. Penulis menonton film pertama kali di bioskop. Waktu itu penulis masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Berselang ratusan tahun kemudian, penulis bisa "mendapatkan" film ini kembali dan memulai memori lawas.

Sejauh yang bisa penulis tangkap beberapa titik penting dari film ini yang berkesan adalah tentang kehidupan Bruce sebelum tenar. Bruce membuka sebuah "perguruan" kecil di Amerika, sayangnya ideologi kungfu aliran Bruce Lee ini ditentang. Alasannya, karena Bruce Lee mengajarkan kungfu pada kaum Amerika. Sedangkan pemikiran seorang Bruce Lee adalah kungfu merupakan seni yang bisa atau dapat dipelajari oleh siapapun.

Akibat ideologinya tersebut, penulis baru tahu bahwa Bruce Lee sempat "terluka" parah akibat pertandingan ilegal. Dari situlah lahir sebuah buku tentang aliran beladiri ciptaan Bruce Lee, Jeet Kune Do.

Titik berikutnya adalah belakang layar film serial televisi Kung Fu. Dulu sekali, penulis suka dengan serial yang dibintangi David Carradine ini. Dan, lagi-lagi, penulis baru tahu dari film ini, bahwa sang pencipta ide cerita serial Kung Fu ini adalah Bruce Lee.

Dari sisi pemain, penampilan Jason Scott Lee, cukup lumayan. Fisiknya kurang lebih "menyamai" Bruce Lee. Gaya tarung juga dibuat semirip Bruce Lee. Dari segi akting, beberapa kali terlihat kaku tapi tidak terlalu mengganggu jalan cerita.

Film ini juga mengandung misteri bagi penulis. Diceritakan disini bahwa ada kepercayaan di keluarga Bruce Lee tentang "makhluk" atau inner demon yang mengikuti keluarga Bruce Lee. Di bagian depan film, sang ayah menceritakan kekuatirannya pada Bruce yang akan diburu oleh "demon". Juga, beberapa kali dimunculkan sebuah sosok tinggi besar berpakaian besi yang "menyerang" Bruce Lee. Tapi diceritakan, akhirnya di film ini sosok tersebut berhasil dikalahkan.

Apakah sosok makhluk tersebut benar adanya? Percaya tak percaya. Kematian Bruce Lee sendiri, penulis kurang begitu mendalami. Hanya menurut data, beberapa saat sebelum film ini beredar, Brandon Lee, putra Bruce Lee, meninggal dunia saat proses menyelesaikan film The Crow. Apakah sosok makhluk tersebut belum benar-benar ditaklukan? Misteri.

Dragon : The Bruce Lee Story (1993) - 6/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10