Walk by faith not by sight (Melangkah 6500 km menuju kebebasan)

The Way Back film

Menginspirasi. Penulis menggambarkan film ini dengan dua pepatah favorit, destination is nothing but journey is everything dan menempuh jarak ribuan mil dimulai dengan satu langkah kecil. Luar biasa. Sangat menginspirasi.

Berkisah tentang pelarian tujuh orang napi dari pemusatan tahanan perang di Siberia. Disini jelas penggambarannya ditekankan pada masa pelarian bukan destinasi yang dituju.

Apa yang menarik? Kisah nyata. Berjalan kaki. Hujan badai salju dingin panas debu padang gurun matahari lapar haus sakit. Bagaimana film ini menggambarkan kisah para napi ini menempuh serangkaian hadangan alam merupakan bagian yang sangat indah dan memberi inspirasi.

Alur cerita pastinya sederhana. Konflik di dalam film tidak berat. Justru yang dititikberatkan adalah perjuangan mereka bertahan hidup. Dan perjuangan itu digambarkan dengan dimensi yang kuat. Sangat terasa.

Penulis terkesan dengan secuil demi secuil penangkapan sudut gambar megah landscape demi landscape yang mereka lalui. Terutama untuk bagian setelah perpisahan dengan Valka. Tidak hanya pemandangan visual yang megah, pada bagian tersebut terasa sekali chemistry kuat antar karakter di dalamnya. Rapuhnya perjuangan para pelarian ini juga terasa kental dalam bayangan nisan demi nisan. Namun diimbangi dengan kuat oleh adegan selangkah demi selangkah di teriknya padang gurun serta tetap tersenyum di dalamnya.

Dari sisi kebenaran kisahnya, penulis punya pengalaman pribadi. Mungkin tidak sejauh jarak yang ditempuh oleh para pelarian ini, namun sama dengan berjalan kaki. Bila melihat ke "belakang" atau sekedar memorize kembali, kadang akan sulit dipercaya bahwa kita dapat melakukannya.

Pesan moral dari film ini menurut versi penulis sendiri adalah meletakkan kekuatan iman pada tujuan yang samar bahkan tidak terlihat. Walk by faith not by sight. Dari karakter Janusz, penulis belajar bahwa tubuh Janusz mungkin masih berada di Siberia namun pikiran serta iman Janusz telah berada di India dan hal itu lah yang membuat Janusz melampaui ribuan mil dengan langkah kaki menuju kebebasan. Dari penggambaran alam yang tak bersahabat serta make-up artist yang menggambarkan kondisi lelah penulis belajar bahwa mungkin satu langkah ke depan, satu belokan lagi, satu mil lagi, tujuan itu akan terlihat. Pantang menyerah.

Film ini adalah salah satu film inspirasi terbaik yang pernah penulis saksikan.

The Way Back (2010) - 8/10