Skip to main content

Neraka kusam kaum pinggiran


Yang menarik dari film ini adalah Nicolas Cage dan background cerita.

Nicolas Cage disini aktingnya berkualitas. Fisiknya juga diubah sedemikian rupa untuk menjiwai karakter Joe yang sudah berumur. Menarik.

Plot ceritanya seputar dua dunia antara dua karakter utama. Yaitu Joe dan Gary Jones. Joe hidup sendirian dengan gaya hidup biasa dan umum. Perokok berat. Dan memiliki pekerjaan di hutan bersama rekan sekotanya.

Di dunia lain ada karakter kelam yaitu Gary Jones yang hidup kusam dengan latar belakang keluarga berantakan. Memiliki ayah yang sudah tua dan hidupnya berantakan dengan gaya hidupnya yang suka minuman keras.

Selain faktor akting Nicolas Cage, penulis juga terkesan dengan latar belakang film ini. Kalau boleh, penulis memakai istilah sendiri yaitu suasana "pedesaan di Amerika".. Kehidupannya tidak segermerlap dan semakmur di kota.

Berikutnya poin lebih jatuh pada suasana kehidupan karaker Gary. Yang hidup menengah ke bawah dan hidup bersama manula doyan minuman keras.

Dari plot ceritanya, ada beberapa titik cerita yang kurang mengena. Terasa kabur maksud ceritanya. Kalau ditarik garis, sederhana saja. Yaitu tentang kehadiran pria dewasa (Joe) di kehidupan Gary yang terasa mewakili sebagai seorang ayah.

Keseluruhan, nyawa film ini ada pada Nicolas Cage, chemistry antara karakter Joe dan Gary, akting Gary Poulter, dan tampilan kehidupan ala pedesaan di Amerika.

Joe (2013) - 6/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10