Meninggalkan masa lalu lewat jalur Pasific Crest Trail


Sajian film drama yang diangkat dari kisah nyata tentang perjalanan seorang wanita yang melakukan hiking atau penulis terjemahkan sendiri perjalanan lintas alam di Amerika.

Menurut data yang penulis cari dikatakan bahwa trek yang dipilih oleh Cheryl, karakter utama sekaligus karakter nyata, adalah Pasific Crest Trail. Dan disebutkan juga bahwa panjang trek Pasific Crest Trail kurang lebih 2650 mil atau 4000 km lebih. Sedangkan Cheryl sendiri menyelesaikan 1100 mil.

Yang menakjubkan adalah perjalanan itu dilakukan dengan "susah payah". Tentu saja susah payah. Digambarkan bahwa Cheryl awalnya harus jatuh bangun menopang tas hiking. Dan tentu saja, perjalanan ribuan mil ditempuh sebagian besar dengan berjalan kaki.

Sendirian.

Ekspektasi penulis awalnya adalah menikmati petualangan lintas alam yang keras. Dengan rute terjal, musim ekstrim, perjuangan hidup di alam bebas, pemandangan alam yang eksotis, dan gangguan binatang liar.

Hasilnya, scene pemandangan alamnya lumayan menarik namun tidak banyak. Kerasnya perjalanan digambarkan dengan simbol lebam-lebam di punggung, kuku kaki terkelupas. Minim gangguan binatang buas yang liar. Perjalanan hari-demi-hari nya juga sepotong demi sepotong saja.

Film ini terasa seperti "sibuk" membagi plot cerita antara petualangan Cheryl melintasi PCT dan latar belakang Cheryl melakukan perjalanan tersebut. Untuk petualangan di jalur PCT, menceritakan tentang sosialisasi Cheryl bertemu dengan banyak orang asing. Sedangkan dari sudut latar belakang, yang bisa penulis tangkap adalah sebuah pelarian seorang Cheryl dari dunianya.

Bagi penulis, film ini terlalu banyak memberi porsi pada kisah flashback-nya. Sedangkan, perjalanan jalur PCT selama 94 hari, ditampilkan dengan loncatan-loncatan hari yang cukup jauh. Kurang fokus pada petualangan di alam bebas. Karena bagi penulis sendiri, lebih tertarik pada kisah petualangan Cheryl berjalan kaki sendiri di alam bebas, bukan sisi latar belakangnya.

Namun, bagaimana pun juga, tetap harus mengapresiasi serta angkat topi pada Cheryl Strayed yang mampu menaklukkan 1000 mil di jalur Pasific Crest Trail. Salut.

Wanita. Seorang diri. Berjalan kaki. Di padang gurun.

Wild (2014) - 6/10