Skip to main content

Liburan keluarga yang tak bahagia


Pertama kali pembukaan film berlangsung, sedikit mengejutkan. Hitam putih. Tetapi bukan film lawas. Modern. Hanya dibuat dengan gaya penampilan hitam-putih layaknya film jaman dulu.

Entah apa maksudnya kenapa film ini dibuat hitam-putih. Sangkaan penulis sebagai trik untuk "mengaburkan" background Disneyland.

Faktor unik hitam-putih, kurang diikuti dengan keunikan lain. Beberapa adegan terasa aneh, seperti gambar tempelan di sebuah studio. Alhasil, semua menjadi "lemah" dan kurang menarik dengan segala keunikan dalam film ini.

Plot ceritanya, kurang fokus seputar apa. Tentang liburan keluarga, bukan. Horor, bukan. Drama keluarga, mungkin tapi ada unsur adult moment di dalamnya.

Berkisah tentang sebuah keluarga yang sedang berlibur di Disneyland. Yang terjadi kemudian, terjadi peristiwa aneh dimana sang ayah tertarik pada seorang gadis muda yang juga sedang berkunjung ke Disneyland.

Konfliknya, kurang jelas. Sepenangkapan penulis, tentang keadaan psikologis karakter Jim yang baru saja kehilangan pekerjaan di hari libur bersama keluarganya. Lalu, kondisi fisik sang istri yang tak menarik lagi, dan mulai main mata dengan wanita lain.

Keseluruhan, unik. Hanya aneh. Kurang paham dengan maksud dan tujuan konflik ceritanya.

Escape From Tomorrow (2013) - 5/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10