9 peluru untuk sukses

Perbedaan antara film ini dan 8 mile adalah ruang cerita. Kalau di 8 mile ruang cerita hanya seputar titik pembuktian Eminem sedangkan disini lebih luas lagi tentang kehidupan rapper 50cent.


Lebarnya ruang cerita inilah yang membuat film menjadi terkesan menumpuk dan berat. Dan akting 50Cent sendiri juga masih terasa datar di sini. Sejarah perjalanan hidup puluhan tahun mulai kecil hingga sukses dirangkum ke dalam durasi film yang sekitar 2 jam-an saja. Praktis film diisi potongan-potongan kecil cerita 50cent yang sekiranya dinilai penting.

Adegan penembakan yang menyebabkan luka di sekitar mulut membuat spontan mengingatkan penulis pada pepatah Bon Jovi, "sukses itu 99 kali jatuh dan bangkit 100 kali". Film ini menggambarkan kerasnya kehidupan 50Cent sebelum tenar sebagai rapper. Hidup tanpa mengenal siapa ayahnya, narkoba-penjara-gangster berada "dekat" melekat dengan kehidupan 50Cent dulu. Kini, terlepas dari kontroversi yang ada, harus diakui 50Cent tak hanya sukses menjual ribuan copy lagunya tapi juga sebagai aktor serta pengusaha.

Terlepas dari isi film, penulis memiliki apresiasi sendiri tentang film ini. Bila memang benar film ini menceritakan seputar fakta kehidupan seorang tersohor sekelas 50Cent, tentu saja harus diacungi jempol. Sebab film ini secara gamblang membuka lembaran hitam yang mungkin berpengaruh pada karir. Keberanian membagi kisah bahkan membintangi sendiri, memang patut diapresiasi. Bagian yang memorable dari film garapan James Sheridan ini adalah ketika 50Cent berjalan ke atas panggung dan melepaskan rompi anti peluru.



Get Rich or Die Trying' (2005)