Skip to main content

Mengusik sarang lebah

Black Hawk Down movie

Entah berapa kali penulis melihat kembali film ini. Tetap saja terpukau. Bagaimana membuat film dengan lokasi seperti itu? Menjatuhkan helikopter, lalu bagaimana bila harus ada adegan ulang? Luar biasa berkualitas. Baik dari sisi adegan perang maupun dramanya.

Melihat film garapan Ridley Scott ini penulis harus akui, bahwa film ini merupakan salah satu film perang aksi terbaik yang pernah ada. Dan faktor utama yang penulis suka adalah Based on true story.

Dari segi tema, satu misi sederhana yang diprediksi tidak sampai 1 jam, ternyata berbuntut panjang dan menciptakan perang hebat di daerah Mogadishu - Somalia. Tema tersebut dapat dikembangkan dengan baik oleh Ridley Scott. Plot cerita yang dibangun berhasil memikat mood menonton. Ketegangan suasana perang dapat ikut dirasakan dan digambarkan dengan detail yang menarik.

Black Hawk Down (2001) - 8/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10