Panggung sandiwara pengusiran setan

Di google memang tercatat ada kisah Anneliese ini. Versi real juga ada di youtube. Hanya penulis belum lihat aslinya itu. Tapi itulah gambaran awal mengapa penulis tertarik untuk menonton film ini. Based on true events.

Pertanyaannya. CCTV. Apakah jaman itu sudah ada CCTV? Kalaupun teknologi CCTV sudah ada jaman itu (tahun 70an) apakah memang kualitasnya sebaik di film? Dan Anneliese pun "berdiri" ala Paranormal Activity di depan CCTV. Entahlah. Penulis tak paham teknologi banyak.

Anneliese Exorcist Tape filmJalan cerita film ini dibuat seperti semi-dokumenter. Ada sesi interview dengan mereka yang seolah "dekat" dengan terapi Anneliese saat itu. Penulis mulai kehilangan mood. Alasannya, film dokumenter akan lebih terasa apik bila memasukkan interview dengan narasumber sebagai him/herself. Sedangkan disini, semua adalah aktor dan aktris.

Konflik. Konfliknya terasa datar. Tidak ada emosi yang penulis tangkap. Lokasi cerita di rumah Anneliese ini terasa seperti panggung teater. Dan, itulah yang "tertangkap", film ini menjadi seperti pertunjukan teaterikal.

Segi horornya memang cukup kuat apalagi dilengkapi dengan dukungan bahasa serta audio (yang katanya asli). Make-up serta akting kerasukan (minus tubuh tertekuk melipat ke belakang ke samping) cukup mengerikan -dengan catatan film ini ditonton sendirian dan malam hari.



Anneliese : The Exorcist Tape (2011) - 5/10