Don't worry about home, it's in good hands

Penulis teringat dulu bersama keluarga kecil (ayah mama dan 3 anak yang masih kecil) kala itu penulis masih seusia sekolah dasar dan kami sekeluarga menonton film ini di bioskop yang dulu jaya.

Home Alone Film
Dilihat dari tahun, film ini diproduksi tahun 1990. 20 tahun lebih. Dan film ini masih layak ditonton hingga kini terutama untuk mendukung tema Natal. Luar biasa. Meski sampai hapal jalan cerita di luar kepala, film ini masih enak disimak.

Sebenarnya film ini sampai saat ini masih sering ditayang oleh beberapa stasuin televisi. Sayang, penulis kurang suka dengan gaya film di televisi. Pertama, content film jadi ternodai oleh sisi komersil stasiun televisi. Kedua, dubbing. Luar biasa menjadi lain dan tidak nyaman menyaksikan film ini dirusak oleh dubbing. Ketiga, tidak ada televisi berbayar di sini.

Harus diakui film ini salah satu film terbaik sepanjang masa. Ceritanya ringan saja tidak berat tidak berbelit. Gaya Macaulay Culkin masih terasa menggemaskan. Joe Pesci dan Daniel Stern, luar biasa. Tak hanya kompak tapi juga kocak. Penampilan mereka bertiga mau tidak mau tetap memancing sedikitnya senyum.

Konyol? Memang. Dipaksakan? Tidak. Meski kurang bisa masuk logika saat ini "menghancurkan penjahat dengan cara tak lazim dan tetap bugar", namun di luar logika tersebut tetap tak berpengaruh pada kualitas film. Penulis masih suka memutar film ini di kala suntuk atau yang pasti sesuai tone film ini, malam menjelang Natal.

Penulis mencatat beberapa sisi moral film ini yang menarik:

1. Hati-hati dengan impian emosi
2. Hadiah (tak selalu Natal) terindah adalah berkumpulnya keluarga.
3. Don't judge by cover.

Jangan menilai seseorang dari luar atau penampilan semata karena bisa jadi malaikat sedang "menyamar".
Awalnya cukup susah mencari keping VCD film ini yang tergolong "sehat" tanpa scratch sana-sini, tapi kini penulis bersyukur telah mendapatkan yang "bersih" dan berkualitas lebih baik dari VCD. Harta berharga. Moodbooster. For my little lonely christmas night....

Home Alone (1990) - 8/10