Skip to main content

Unboxing Film The Vanishing (1993)

Ternyata film ini merupakan remake dari film berjudul sama hanya beda negara. Dan, memang faktor film di-remake karena ada unsur spesialnya. Movielitas tertarik saat film ini mulai masuk lebih dalam dengan konflik penculikan yang bahkan menjadi misteri hingga tahunan.

Sayangnya, ada titik film ini menjadi kurang menarik. Yaitu pada momen Barney secara sukarela menampakkan diri. Ekspektasi akan ada kisah misteri hingga akhir sedikit demi sedikit sirna karena semua kartu sudah dibuka.

Yang lebih "aneh" lagi, antara penculik dan pencari korban penculikan, bisa semobil bersama sambil diskusi ringan. Ini merupakan bagian paling aneh dan menurunkan mood.

Meskipun demikian ada hal menarik dari film ini. Jauh sebelum konsep film Buried ada, ternyata film ini sudah "membuatnya". Meski bukan menjadi bagian vital dari film atau hanya sekilas tapi gaya scene-nya mirip dengan gaya di film Buried.

Yang kedua, Movielitas suka dengan penjelasan dibalik nama karakter Diane Shaver yang cerdas dipilih dari tema film ini.

Keseluruhan, untuk Movielitas sendiri, film drama kriminal klasik ini hanya separuh bagian yang membuat mood bangkit, setengah bagian cerita lainnya kurang begitu menarik karena sudah tak menyimpan misteri lagi.

The Vanishing (1993) - 6/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10