Skip to main content

Fenomena menghentikan nafas kehidupan sendiri

Entah kenapa film ini sebenarnya biasa saja malah cenderung kalem ceritanya. Tidak ada yang istimewa dari kisah di dalamnya. Hanya saja secara tidak direncana sebelumnya, Movielitas menonton film ini setelah tragedi kehilangan idola yang kurang lebih memakai gaya di film ini.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis, yang hidup bersama sang ayah, lebih tepatnya seperti kembali ke kota Bridgend County. Sepenangkapan Movielitas dari dialog seperti "kembali" ke kota Bridgend County setelah sekian waktu yang lama. Baru tapi lama - kurang lebih begitu istilahnya.

Konflik utamanya adalah pergaulan anak muda di Bridgend yang "kurang sehat". Pergaulan kurang sehat tersebut akhirnya melahirkan sebuah fenomena yang tidak masuk akal. Dan, gadis baru ini, Sara, ikut hanyut dalam pusaran fenomena tersebut.

Filmnya biasa saja. Bahkan cenderung "boring", karena Movielitas harus sedikit berjuang menghabiskan film ini hingga akhir. Beberapa kali itu sempat kehilangan storyline karena ketidakmampuan menjaga fokus pada alur ceritanya.

Tapi tetap ada sisi menariknya yaitu fenomena yang diangkat film ini adalah kisah nyata. Dan fenomena itu, menurut data, terjadi sekitar tahun 2007-2008 silam.

Dari film ini setidaknya bisa tahu fenomena yang pernah ada di luar sana. Dari sisi pesan moralnya, Movielitas kurang begitu bisa menangkap kecuali hanya menceritakan fenomena yang pernah ada. Paling tidak mungkin sedikitnya bisa dipakai sebagai perenungan sebelum hanyut dalam bergaul.

Bridgend (2015) - 6/10

Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10