Mengejar impian dalam mendung kelabu

Kali ini menikmati sajian dari Turki. Dan, yang paling menggelitik untuk menonton film ini adalah judulnya. "Journey" dan "Hope". Ekspektasinya bakal ada sajian inspirasional tentang sebuah perjalanan dan harapan. Akan tetapi itu salah.

Bila film sesuai ekspektasi bisa jadi berkesan dan mungkin "biasa". Namun, bisa jadi lebih berkesan bila di luar ekspektasi. Seperti film ini.

Berkisah tentang seorang pria, Haydar, yang memiliki istri dan tujuh orang anak hidup di pelosok negara Turki. Impiannya sederhana, yaitu ingin pindah ke negara Swiss "hanya" karena melihat gambar kartu pos. Semua ternak telah dijual demi mendapatkan "tiket emas" menuju Swiss.

Konfliknya pastinya tentang perjuangan Haydar menuju Swiss yang berliku dari Turki. Tapi, yang menarik dari film ini ada konflik lain yaitu seorang anak Haydar yang "terpaksa" harus ikut perjalanan penuh perjuangan serta sebagai syarat agar sang istri, Maryam, bersedia mengikuti pindah negara.

Momen terbaik bagi Movielitas dari film ini adalah momen keakraban saat Haydar dan keluarga kecil-nya menumpang truk.

Keseluruhan, film ini tidak kalah dramatis dengan film ala Korea. Dan, tidak kalah dengan kualitas drama Hollywood. Movielitas pribadi menyukai film ini karena memang yang "disajikan" utama adalah kekuatan konflik cerita bukan pernak-pernik kemewahan dalam cerita.

Journey Of Hope (1990) - 7/10