Mahalnya data di dunia internet

Yang pertama kali menarik perhatian Movielitas adalah pastinya tag #basedontruestory. Tidak ada yang lain.

Bukan cuma sekedar hacker peretas website besar atau penipuan kelas atas, melainkan "pencuri" data rahasia negara yang kemudian dipublikasikan. Dan, alasannya sangat sederhana menurut Movielitas, yaitu ingin tahu tentang pacar.

Ada yang menarik lagi dari sini, yang juga mungkin menjadi salah satu pesan moral, yaitu tentang keamanan. Khususnya tentang keamanan data di dunia internet. Ada satu kutipan dialog yang diterjemahkan bebas "ada sesuatu yang tidak didapatkan dari mesin pencari seperti Google". Dan, pemerintah Amerika memiliki "sesuatu" itu dimana "sesuatu" itu bisa menembus data email, bukan sekedar alamat email melainkan isi email, data kontak ponsel, lalu yang paling "mengerikan" adalah meng-aktifkan webcam sekalipun PC atau laptop dalam kondisi off. Wowww....

Dan, menurut versi film garapan Oliver Stone sekaligus berkaca pada perjalanan karir dari Ed Snowden ini, bahwa perang masa depan bukan lagi menenteng senjata kelas berat dan perlengkapan senjata api dengan baju doreng serta tas tentara puluhan kilo, bukan juga berjibaku berguling-guling di tanah sembari menumpahkan peluru, melainkan perang "intip" data internet antar negara.

Satu hal lain yang menarik dari film ini adalah nama Oliver Stone yang Movielitas kenal lewat J.F.K yang juga kontroversial dalam "melawan" kebijakan pemerintah Amerika. Sama seperti di skandal misteri di J.F.K, film ini juga ingin menggebrak pemerintah Amerika dengan kisah nyata diangkat ke layar film.

Topik berdasarkan kisah nyata seperti ini adalah favorit Movielitas, dimana mungkin sebelum melihat film, sudah sekilas mendengar berita atau membaca artikel, tapi tidak tahu lebih jauh atau dari titik tidak tahu menjadi tahu setelah melihat film-nya. Paling tidak menambah pengetahuan sedikit.

Keseluruhan film ini menarik. Konflik-nya menambah pengetahuan tentang apa yang terjadi di "luar" sana. Alur ceritanya, secara garis besar, masih bisa dicerna. Soal urusan encrypted dan korelasi-nya, kurang paham benar karena Movielitas bukan di bidang itu. Tapi kalau melihat seseorang dengan skill bahasa pemograman komputer, bagi Movielitas itu keren sekali. Dan, untuk penampilan Joseph Gordon, berkualitas.

Snowden (2016) - 7/10