Pemuja tanpa suara dari balik kaca kamar


Kali ini mendapatkan salah satu film yang tergolong unik dan keras. Kesannya, seperti film drama dewasa. Tapi, tidak demikian menurut hemat penulis. Memang ada beberapa adegan dewasa, tapi atmosfir cerita lebih kental ke sisi dramanya.

Uniknya adalah film ini seperti ingin romantis namun dengan cara berbeda. Hal yang unik didapatkan pada karakter Han-Gi. Seorang pria yang mewakili judul film. Seorang bad guy. Dari potongan fisik, sudah terlihat bahwa Han Gi adalah pria yang keras dan sulit untuk lembut. Profesinya sendiri adalah preman lokalisasi.

Yang membuat unik juga adalah hampir sepanjang film, karakter Han-Gi ini memiliki dialog yang minimalis. Pendiam akut. Tidak pernah tersenyum. Bahkan saat tertusuk pun, Han-Gi tak banyak "berkomentar".

**Melihat gaya Han Gi merokok, rasanya nikmat sekali dalam setiap hisapan... Penjiwaan Cho Jae Yun sebagai karakter Han Gi ini memang luar biasa.

Keras. Romantisme yang disajikan terbilang keras. Romantisme yang bermula dari ludahan, tamparan, muntahan, hingga tusukan. Gaya romantis yang ditampilkan berlatar belakang dunia prostitusi. Pendamping karakter Han Gi adalah karakter wanita, Sun Hwa diceritakan "dipaksa" masuk ke dunia prostitusi.

Penulis melihat, pesan film ini adalah menyajikan cerita cinta yang melebihi fisik semata. Keadaan yang dialami oleh pasangan Han Gi dan Sun Hwa ini adalah dunia kelam prostitusi. Saling menerima sisi buruk masing-masing. Saling mengerti. Dan, ketika sampai pada titik saling menerima dan mengerti tersebut terciptalah cinta sejati.

Yang berkesan adalah bagian serpihan sobekan dua lembar foto pria dan wanita tanpa "bagian" kepala. Kemudian, "dijelaskan" di bagian ending cerita. Entah bagaimana maksudnya, tapi menarik.

Keseluruhan, film drama romantis yang beraroma keras menyengat... Unik.

Bad Guy (2001) - 6/10