Neraka kusam kaum pinggiran


Yang menarik dari film ini adalah Nicolas Cage dan background cerita.

Nicolas Cage disini aktingnya berkualitas. Fisiknya juga diubah sedemikian rupa untuk menjiwai karakter Joe yang sudah berumur. Menarik.

Plot ceritanya seputar dua dunia antara dua karakter utama. Yaitu Joe dan Gary Jones. Joe hidup sendirian dengan gaya hidup biasa dan umum. Perokok berat. Dan memiliki pekerjaan di hutan bersama rekan sekotanya.

Di dunia lain ada karakter kelam yaitu Gary Jones yang hidup kusam dengan latar belakang keluarga berantakan. Memiliki ayah yang sudah tua dan hidupnya berantakan dengan gaya hidupnya yang suka minuman keras.

Selain faktor akting Nicolas Cage, penulis juga terkesan dengan latar belakang film ini. Kalau boleh, penulis memakai istilah sendiri yaitu suasana "pedesaan di Amerika".. Kehidupannya tidak segermerlap dan semakmur di kota.

Berikutnya poin lebih jatuh pada suasana kehidupan karaker Gary. Yang hidup menengah ke bawah dan hidup bersama manula doyan minuman keras.

Dari plot ceritanya, ada beberapa titik cerita yang kurang mengena. Terasa kabur maksud ceritanya. Kalau ditarik garis, sederhana saja. Yaitu tentang kehadiran pria dewasa (Joe) di kehidupan Gary yang terasa mewakili sebagai seorang ayah.

Keseluruhan, nyawa film ini ada pada Nicolas Cage, chemistry antara karakter Joe dan Gary, akting Gary Poulter, dan tampilan kehidupan ala pedesaan di Amerika.

Joe (2013) - 6/10