Menelusuri gerak saham terorisme


Film yang sedikit mengejutkan. Sebelumnya, penulis tak punya bayangan atau gambaran apapun tentang film ini.

Masuk ke awal cerita, mulai terasa berat dengan konfliknya. Alur ceritanya dimulai, London-Amerika-Moscow. Beberapa karakter serentak dimunculkan bersamaan. Konfliknya seputar musuh lama antara Amerika dan Rusia yang diceritakan sedang "memanas".

Menurut penulis yang membuat berat film ini adalah konfliknya. Perseteruan Amerika dan Rusia digambarkan melalui isu terorisme. Dimulai dari masalah dana terorisme yang kemudian menyinggung soal bursa saham Wall Street. Masuk ke ranah Rusia dengan aksi penyamaran. Kembali lagi ke Amerika untuk penyelamatan negara.

Adalah Jack Ryan. Yang ternyata mirip kisah agen James Bond yang "berantai". Dan, film ini adalah film aksi agen Jack Ryan yang kelima. Mungkin tepatnya Jack Ryan Jr.

Yang menarik dari film ini : Pertama. Ada si manis Keira Knightley. Ada senior Kevin Costner.

Kedua. Setelah melakukan pendalaman informasi mengenai film seri Jack Ryan ini, penulis menemukan kesamaan feeling tentang film-film Jack Ryan sebelumnya yang sempat penulis nikmati. Clear And Present Danger dengan Harrisson Ford dan The Sum Of All Fears dengan Ben Affleck sebagai Jack Ryan. Sebelum Harrison Ford ada Alec Baldwin. Perpindahan dari Bladwin ke Ford bisa jadi menandakan adanya kaitan karakter Jack Ryan yang "semakin menua". Lalu, perpindahan dari Harrison Ford ke Ben Affleck seperti bapak ke anak. Dan bisa dikatakan, Chris Pine disini cucu

Ketiga. Hampir semua yang pernah penulis tonton, ternyata memiliki nada sama, yaitu berat. Mungkin memang bukan selera atau mungkin akan lebih ringan bila juga menikmati novelnya terlebih dulu.

Yang menarik: Terakhir. Ternyata pemeran Viktor Cherevin adalah Kenneth Branagh yang tak lain dan tak bukan adalah sang sutradara film ini.

Keseluruhan, film ini cocok bagi mereka yang menggemari karya Tom Clancy.

Jack Ryan : Shadow Recruit (2014) - 6/10