Tragedi 05 April 2013 - Movielitas

Tragedi 05 April 2013


Bagi Movielitas, ini adalah kali kedua menonton karya film duet antara sutradara Peter Berg dan aktor Mark Whalberg. Setelah sebelumnya, Lone Survivor. Dan, Movielitas sangat suka mengulang menonton Lone Survivor berkali-kali.

Masih kali ini, duet Peter – Mark mengangkat tema dari kisah nyata memilukan yang terjadi di bulan April 2013 tepatnya di Boston Amerika Serikat. Dimana tragedi tersebut kemudian dikenang dunia sebagai Boston Marathon Bombing.

Tentu saja, seperti biasa, film dengan tag based on true story selalu membuat penasaran tersendiri bagi Movielitas. Untuk tragedi Boston sendiri, Movielitas mengetahui namun tidak mengikuti perkembangan berita nya pada saat itu. Pada waktu itu, Movielitas hanya mengikuti perkembangan kasus bom tersebut hingga kemunculan berita tentang tersangka yang tertangkap oleh beberapa kamera CCTV yang tersebar di sekitar TKP.

Dalam review kali ini,Movielitas tidak membahas seputar motif atau latar belakang ataupun opini seputar tragedi 05 April 2013 silam. Movielitas ingin beropini seputar karya film nya saja.

Pastinya, yang patut diapresiasi besar pertama kali adalah kemampuan film menghadirkan suasana atau atmosfir yang semirip mungkin dengan kejadian aslinya. Dan, itu selalu membuat ketakjuban tersendiri bagi Movielitas. Baik dari back drop nya, pengumpulan massa, dekorasi, wajah-wajah karakter yang dimiripkan dengan tokoh aslinya, banyak lagi. Dan, untuk poin ini, Movielitas menilai Peter Berg cukup berhasil.

Untuk plot cerita, akting, atau sinematografi, bagi Movielitas bagus. Tidak berat juga tidak membingungkan. Begitu juga dengan memunculkan banyak karakter kemudian dikembangkan dengan cerita masing-masing, lalu dihubungkan menjadi satu-kesatuan cerita, tercipta menarik.

Ada beberapa poin yang setidaknya mencuri perhatian Movielitas sepanjang cerita,

- Adegan paling favorit versi Movielitas adalah adegan seorang polisi senior menunggui jenazah anak kecil yang tergeletak di jalan tanpa dampingan keluarga. Menurut cerita film, polisi senior tersebut berdiri menunggui bahkan hingga lokasi TKP steril dan sepi. Momen polisi dan jenazah anak kecil tersebut, menurut cerita film,  berlangsung hingga 4 jam lamanya.  Dan berakhir ketika ambulans datang untuk meng-evakuasi jenazah sambil sang polisi memberi penghormatan terakhir bagi sang anak kecil.

- Hanya karena satu orang berbeda arah menoleh? Woww..

- Movielitas lebih bisa “menikmati” sisi based on true event pada Lone Survivor, dikarenakan Lone Survivor berbasis cerita perang yang memang terjadi di medan konflik. Kalau disini lebih ke “memilukan”.

- Jauh sebelum musim lockdown di banyak negara akibat pandemi corona, ternyata Boston pernah mengalami lockdown internal tahun 2013 untuk mencari keberadaan pelaku bom maraton.

- Karena Movielitas tidak terlalu mengikuti perkembangan kasus bom tersebut, lewat film ini Movielitas baru tahu ternyata untuk perburuan pelaku harus melalui proses baku tembak dan ledakan demi ledakan bom kecil di pemukiman penduduk pada malam hari.

Overall, Peter Berg mampu dengan baik menghadirkan sedikit cerita di balik tragedi Boston Marathon Bombing.  Keren.

 Patriots Day (2016) - 7/10