Skip to main content

Misteri dibalik salah satu keajaiban karya manusia di dunia

Ada dua nama aktor yang membuat Movielitas menaruh ekspektasi lebih dari film kolaborasi Hollywood dan Cina. Yaitu Matt Damon dan Andy Lau. Ada lagi nama Willem Dafoe, tapi untuk Movielitas entah kenapa  di film ini peran Willem Dafoe seperti kurang penting, ada atau tidak adanya karakter Dafoe, sepertinya tidak bakal pengaruh banyak.

Film megah yang jauh dari ekspektasi Movielitas. Bayangan awal Movielitas melihat judulnya, The Great Wall, film ini akan menampilkan kisah di balik Tembok Besar yang ada di Cina. Dan, memang cerita dalam film ini ada hubungannya tentang Tembok Besar Cina tersebut namun bukan tetang pembangunan atau sejarah berdirinya, melainkan sejarah yang mungkin “jarang” diketahui orang.

Untuk ukuran Movielitas, tidak menarik. Background cerita, alur cerita, CGI spesial efek, ataupun konfliknya, kurang tepat menurut Movielitas.

Ternyata dalam sejarah Tembok Besar Cina, ada “campur tangan” kisah monster. Bisa jadi. Tapi, penggambaran monster di film ini yang dibantu dengan kemegahan spesial efek dengan tingkat kerapian super rapi, terlihat menjadi sangat fiksi. Dipadu dengan prajurit Cina yang tampil ala warna-warni kostum Power Rangers, ada pasukan Merah-Biru-Kuning-Ungu dan Hitam. Apakah memang jaman dahulu prajurit Cina tampil seperti itu? Entah.

Spesial efek yang digunakan terasa amat berlebihan. Apalagi spesial efek pada adegan perang-perang nya. Bagus, keren, megah, dahsyat. Hanya saja dipasangkan pada jaman pra modern memang kurang cocok. Mungkin saja film ini ingin menandingi Red Cliff karya John Woo, hanya saja meskipun Red Cliff juga sarat dengan spesial efek, tapi setidaknya dalam Red Cliff konflik perang-nya masih lingkup antar manusia.

Overall, film ini berusaha menceritakan legenda dipadu dengan teknologi masa kini. Kurang cocok. Menurut Movielitas, dengan komposisi aktor-aktris yang sama dan penggunaan spesial efek megah, tapi mengangkat tema masa kini ala The Thieves atau tema futuristik dibumbui komedi, pasti akan lebih bagus hasilnya. Bagaimanapun juga, mempertemukan sekelas Matt Damon dan Andy Lau dalam satu wadah film, keren.

The Great Wall (2016) - 5/10


Popular posts from this blog

Cerita tentang film The Last Mohicans

Sajian klasik seeputar kisah pada jaman pra-modern. Mungkin karena faktor perbedaan jaman, film ini terasa kaku pada gaya battle -nya. Yang bisa Movielitas tangkap inti ceritanya adalah konflik antara Inggris Raya melawan Perancis yang terjadi di tanah Amerika. Konflik kerajaan tersebut disusupi oleh kepentingan balas dendam oleh suku Huron. Penampilan suku Huron ini mengingatkan penulis pada penampilan suku pedalaman di Apocalypto. Entah sama atau tidak, Movielitas juga kurang begitu memahami. Judul The Last Mohicans sendiri merujuk pada tiga orang suku Mohawk yang ikut terlibat di pertempuran antara Inggris dan Perancis, yang sejatinya lebih dikarenakan oleh kisah cinta pria-wanita lintas ras. Dari segi konflik, cukup bagus. Tidak datar dengan satu konflik saja. Hanya soal gaya battle yang sedikit kelihatan kaku. Ada satu yang memorable dari film ini yaitu theme song -nya yang easy listening dan megah. The Last Mohicans (1992) - 6/10