Cerita lagu The Beatles


Film ini akan lebih mudah dicerna oleh fans The Beatles atau yang setidaknya mengenal baik karya band dari Inggris tersebut. Mengenal luar dalam tentunya, atau yang merasakan hidup di jaman kejayaan band tersebut.

Penulis sendiri di dalam film ini hanya mengenal sedikit dari sekian banyak lagu yang ditampilkan. Selain lagu yang dijadikan judul Accross The Universe, ada Let It Be, Come Together, Hey Jude, dan All You Need Is Love. Lainnya, perlu lebih dari sekali mendengarkan untuk bisa meresap lebih dalam.

Pendapat penulis, tentu saja film ini berat. Selain unik tentunya, karena film biografi seperti 8Mile misalnya yang bercerita Eminem memang menceritakan karakter utama sebagai penyanyi rap yang berjuang di dunianya. Atau Get Rich Or Die Trying-nya 50Cent yang juga semi biografi plus nuansa musikalnya dengan lagu rap. Itu biasa,umum, dan standard. Tetapi disini bukan tentang The Beatles meski lagu Beatles bertebaran melainkan alur cerita menggunakan lagu-lagu karya The Beatles yang dirangkai dipasang dipaksa untuk menjadi sebuah alunan cerita dalam nada. Berat. Aneh.

Aroma dan visual film ini terasa menjadi teaterikal musikal. Ada momen bernyanyi kolosal di arena bowling, ada suasana perang Vietnam sambil bernyanyi ala video klip, ada suasana panas perkelahian juga sambil bernyanyi mirip dengan suasana teater di atas panggung. Ada momen di atas panggung bernyanyi lagu cinta dengan simbol bertengkarnya vokalis-gitaris. Terakhir, di lagu All You Need Is Love, mengingatkan pada film Love Actually.

Di Love Actually pemasangan lagu All You Need Is Love terasa pas dengan visual adegannya, tapi disini malah kesannya kurang pas karena dipasangkan dengan momen bernyanyi di atap gedung (sendirian awalnya) seperti malu-malu, takut, di "bawah tekanan" para polisi yang bersiaga.

Menurut penulis, bila penikmat sejati atau fans sejati The Beatles akan lebih "merasuk" dan mendapatkan jiwa film ini lebih baik. Karena mungkin akan lebih mudah menikmati film ini apabila mengenal musik juga sekaligus kedalaman lirik bahasa Inggrisnya. Karena bisa jadi memang visual adegan alur cerita disini diambil atau disesuaikan dengan kedalaman lirik lagu-lagu pengiringnya.

Karena, dari sudut penulis yang "kurang" atau minim pengenalan tentang The Beatles, melihat film ini menjadi seperti video klip musik yang dirangkai. Konflik film jadi kurang terasa karena kurang familiar dengan lagu. Pemasangan lagu yang cukup banyak bahkan lagu kebanyakan ditampilkan secara utuh membuat film ini seperti "memaksa" melagukan alur cerita.

Penulis juga berpendapat mungkin akan jauh lebih pas bila memasang para aktor disini adalah dari dunia menarik suara. Sebut misalkan dipasangkan dengan para anggota New Kids On The Block, Boyzone, atau Backstreet Boys. Atau mungkin dari sebuah band (bukan boybands). Its just my opinion.

#semoga kelak ada film ber-style seperti film ini dengan berpusat pada lagu-lagu Linkin Park.

Across The Universe (2007) - 6/10