Lone Wolf in Nam

Justru yang menarik dari film ini adalah sosok Rambo-nya. Sedangkan dari storyline dan pernak-pernik dalam film, sudah pastinya hampir sama dengan gaya one man show di seri pertama First Blood.

Harus diakui memang bahwa Sylvester Stallone adalah salah satu aktor yang "berhasil" identik dengan satu karakter dalam film. Berbeda dengan karakter superhero seperti Batman atau Superman, karakter Rambo oleh Stallone ini dapat dibilang sebagai salah satu karakter yang irreplaceable. Tak tergantikan. Dan, hanya Stallone yang memang cocok membawakan karakter Rambo.

Sejauh Movielitas amati dari awal muncul hingga akhir cerita, sosok Stallone terutama wajah, memang mampu membentuk sosok Rambo versi film (entah versi novel-nya). Dengan mimik wajah hard-tough dan potongan rambut yang "sangar", gaya utama Stallone adalah menampilkan karakter mantan militer dengan keahlian perang kelas predator, nyaris tanpa senyum, datar, dan dialog serba minimalis. Pas sekali.

Satu hal yang menarik dari dalam film ini adalah expendables. Setidaknya project film The Expendables ini rupanya sudah "dibahas" oleh Stallone sejak di film ini. Arti dari expendables sendiri kurang lebih adalah undangan "berpesta". Berpesta jenis apa, bisa ditebak lewat cerita Rambo ini.

Rambo 2 (1985) - 6/10