"Gelandangan" berkalung medali kehormatan


Sebuah film aksi yang klasik. Namun, sangat fenomenal. Alur ceritanya ternyata simple sekali hanya karena mencari gara-gara dengan seorang yang tampak seperti "gelandangan", namun berakibat fatal.

Kisah sederhana bukan berarti sepele, justru bagi penulis, mendengar nama Stallone pasti spontan akan mengenal sebagai Rambo. Ya, karena memang karakter Rambo dan Stallone seperti melebur satu disini.

Akting Stallone terasa khas dan menjadi penguat cerita disini. Dingin. Diam. Tak banyak bicara, hanya di moment curhat galau di bagian ending, sisanya hanya menatap tajam dan sepatah dua patah kalimat. "They do first blood, Sir...." Pelan namun tajam.

Bila dari sudut aksi laganya, karena teknologi klasik dan senjata Stallone hanya otot, tentu saja "kalah" dibandingkan Expendables. Gaya laga Stallone disini memakai gaya jalanan biasa. Tak ada komputerisasi apalagi ala Jet Li.

Pesan moral film ini, mudah sekali ditangkap, jangan cari gara-gara dan jangan menilai orang dari sampul luarnya karena bisa jadi di dalamnya ada neraka yang tak bisa dipercaya akal sehat ketika terusik.

First Blood (1982) - 8/10