Menggebuk kemampuan melebihi batasnya


Luar biasa.

Begitu masuk ke bagian awal, aroma film langsung bisa dirasakan. Interaksi antara Miles Teller sebagai Andrew Neimann dan J.K. Simmons sebagai Fletcher langsung terasa "panas".

Bukan saja film ini mengangkat tema orkestra jazz, tapi gaya alur ceritanya pun bisa dikatakan seperti alunan musik orkestra jazz. Grafik cerita menggebrak, lalu masuk melandai, ada hiasan cerita cinta, lalu semakin membesar dan ramai hingga klimaks. Megah gagah.

J.K. Simmons. Luar biasa. Kualitas aktingnya benar-benar menggebrak. Postur, wajah, dan aktingnya sangat menguasai emosi penonton. Aktingnya sebagai konduktor sekaligus pengajar benar-benar menusuk terutama saat sedang memarahi anak buahnya. Kasar menusuk hingga jiwa dan raga. Luar biasa. Two thumbs up absolutely!

Karakter yang dimainkan oleh Miles Teller disini sekilas spontan mengingatkan penulis pada gaya Jesse Esenberg di The Social Network. Mereka sama-sama masih muda, sama-sama memiliki fokus kuat pada bidangnya, bukan remaja gaol, dan memiliki cerita cinta yang tidak indah.

Konflik cerita yang diangkat di film ini bisa dikatakan sangat sederhana. Berfokus pada dua karakter utama. Seorang konduktor yang membutuhkan seorang drummer di band orkestra-nya dan seorang drummer muda yang bercita-cita menjadi salah satu drummer terbaik di dunia.

Keseluruhan, film ini cocok sebagai inspirasi di saat kita jatuh atau mengalami kegagalan dalam menapak tangga perjuangan hidup. Recommended.

Whiplash (2014) - 8/10