Inspirasi Foodtruck

Kadang muncul kabar berita tentang sebuah acara yang diadakan oleh sebuah brand atau lembaga. Dimana di acara tersebut, brand atau lembaga mengundang para blogger. Sejauh yang pernah penulis baca adalah acara undang blogger bersama brand kecantikan.

Berhubung penulis tidak pernah diundang oleh brand kecantikan atau juga lembaga pemerintahan, jadi penulis tidak bisa berkomentar banyak seputar acara tersebut.

Menurut penulis, sebenarnya gaya marketing dengan mengundang blogger ini bisa menjadi ajang promosi yang menarik sekaligus powerfull khususnya di dunia online karena ruang gerak blogger ada di dunia online yang kian hari semakin menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Penulis mengambil contoh kasus dari film Chef yang cukup menginspirasi. Berkisah tentang seorang chef yang memiliki passion di dunia memasak dan ingin membuka sebuah usaha foodtruck. Film ini selain bercerita tentang semangat wirausaha makanan cepat saji juga menyinggung sedikit tentang blogger dan sosial media.


Misalkan, ada sebuah usaha foodtruck baru mengadakan acara grand opening. Mengundang 50 blogger (Tentu saja undangan khususnya untuk food blogger) untuk santap siang bersama ala all you can eat.

Syarat yang harus diikuti blogger adalah membawa laptop atau minimal smartphone.


Isi acara dimulai dengan sambutan dari ketua foodtruck, wakil, bendahara, dan perangkat foodtruck lainnya. Perkenalan chef, review tempat (ajang foto-foto, foto selfie, depan truk belakang samping kiri-kanan, piring, gelas, dll), dilanjutkan dengan makan siang bersama (ini vital) dan gratis (ini jauh lebih penting lagi).

Berikutnya, acara posting review bersama. Postingan para blogger undangan harus melalui seorang admin untuk dinilai. Sekaligus tidak lupa meng-share ke sosial media saat itu juga. Tinggal dilihat bagaimana kekuatan postingan dan share sosial media oleh 50 blogger menyebar serentak di dunia online.

Dari "kasus" di atas yang menjadi poin penting:

- Mengundang blogger.
- Makan siang
- Acara posting review bersama

Mengapa penting?

- Antara blogger dan wartawan.

Promosi sebuah brand bisa juga dilakukan dengan mengundang wartawan surat kabar. Yang lalu memberikan space khusus pada surat kabar edisi cetak (esok paginya) mengenai ulasan promosi. Fotonya pun minimal cuma satu. Dan ditulis juga pada website media online milik surat kabar tersebut (bila ada).

Berbeda dengan mengundang sekian blogger (katakan 100 blogger, tentunya blogger yang mengusung tema blog sesuai acara). Maka bisa didapatkan review sebanyak 100 halaman blog pada 100 blog yang berbeda. Ruang blogger menulis artikel tentu lebih luas, tidak akan terkurung pada space tulisan. Tidak ada expired (selama tidak dihapus oleh empu nya si blog). Bisa dilengkapi dengan banyak foto pendukung. Orang pun tidak perlu membeli dulu untuk membaca informasi promosi.

- Acara Santap Siang Bersama ala All You Can Eat.

Ini penting, karena blogger juga manusia. Lapar pastinya. Berkaca pada kasus contoh di atas, tentu saja produk utama foodtruck adalah pada makanan. Ini yang disebut real time review produk.

Bila acara milik produk kecantikan, maka review produk oleh blogger bisa dengan acara rias bersama atau pembagian produk untuk beauty blogger, gratis. Lalu launching produk gadget, review produk-nya bisa dengan jalan pembagian atau pemakaian gadget secara kolosal rame-rame, dan gratis. Brand hotel berbintang membuka cabang baru, bisa dengan cara mengundang travel blogger untuk tinjau lokasi hotel serta menginap gratis 7 hari untuk membuktikan kualitas servis hotel. Sedangkan kalau acara launching perumahan, bisa dengan mengajak blogger untuk tinjau lokasi atau bisa juga pembagian rumah, gratis.

Tujuan dari acara review produk atau jasa secara bersama-sama ini diharapkan bisa menciptakan sebuah review yang asli atau jujur. Benar-benar dari pengalaman penulis blog menggunakan produk atau jasa brand tersebut pada saat acara.

Selama ini gaya promosi sebuah brand kadang menggunakan sayembara atau kuis yang membuat sebuah tulisan "sangat jualan". Penuh dengan pujian, link dan padat keyword tapi tidak pernah menggunakan produk dari brand tersebut. (Pengalaman)


- Acara Posting Bersama.

Acara posting bersama ini akan sangat memiliki daya promosi maksimal bila dikombinasikan dengan jurus sharing via medsos. Selain posting bersama serentak, juga disebarkan lewat akun instagram, twitter, FB, path, dan sebangsanya pada saat acara berlangsung. Bila dihitung dengan undangan 50 blogger memakai asumsi seorang blogger terlalu kekinian memiliki 5 akun medsos, maka bisa dibayangkan sebuah brand bisa tersebar di 50 alamat blog, dan 250 akun medsos secara real time. Dan, akan terus tersimpan di dunia online.

Sebagai tambahan, di akhir acara pihak panitia bisa memilih tulisan blogger terbaik untuk mendapatkan hadiah hiburan.


Kemudian dilengkapi juga acara door prize. Ini menarik tentunya. Bila brand warung bisa menggunakan doorprize produk satu paket sambal goreng pedas. Brand fashion me-launching baju baru, bisa memakai doorprize dalam bentuk satu paket peralatan mandi bagi fashion blogger. Brand gadget mengeluarkan tipe smartphone baru, bisa memberi doorprize dalam bentuk paket voucher menginap selama 3 hari di Bali untuk gadget blogger.

Tak bisa dipungkiri bahwa kini masyarakat semakin cerdas dalam mencari informasi terutama sejak semakin mudahnya akses internet. Hal ini seharusnya bisa disikapi oleh pemilik brand untuk memaksimalkan promosi produk atau jasa mereka lewat penggiat internet khususnya blogger.

Semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. jadi pengen nonton film Chef ini. btw, saya cuma baca sebagian di postingan ini karena hurufnya nggak kebaca, mungkin karna warna backgroundnya kali ya.

    @Penovediah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih backgroundnya kurang match, masih diutak-atik hehe
      Btw, ayo ditonton. Bagus dan menginspirasi.
      Thx commentnya bu :)

      Delete
  2. aku juga pernah nonton film chef
    keren memang gaya marketingnya ^_^

    ReplyDelete
  3. Seru ya kegiatannya. Kapan-kapan semoga bisa dapat undangan serupa :)

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah pernah hadir dan merasakan suasana jajan ala Foodtruck dari kegiatan blogger, setuju karna blogger akan membuka peluang para usaha tsb utk lbh di kenal lewat tulisannya

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  5. beberapa kali ikut food test... kalau yang ownernya dan chef terjun langsung bareng yang dioundang.. masyik sharingnya

    ReplyDelete
  6. Wihhh tulisannya panjang amit, btw ane udah nonton tuh film. Kurang sesuai ekspekstasi ane sih.
    Adanya real time review produk bikin grogi, ntar kalau nggak cocok/ nggak pas bisa mempengaruhi semua tamu hihi.
    @rizalarz

    ReplyDelete
  7. Wah, iya juga. Asyik kalau kayak gitu. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
  8. Wah, uraiannya panjang dan lengkap.


    @Leon_Sps

    ReplyDelete
  9. Selalu senang kalau diundan makan, apalagi dari cafe atau restaurant terkenal, tapi kadang waktunya suka nggak cocok hmmm
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
  10. @Ria + @muthia, @rahmah... thx commentnya

    @sithie, wah asik tuh diundang makan gratis donk :)
    thx commentnya

    ReplyDelete
  11. @riza + @leon, iya kepanjangan soalnya salah baca. kirain minimal 14.000 karakter hehehe... :)

    @dini, iya asik kan? makanya....

    thx commentnya guys

    ReplyDelete
  12. @rinrin, saya malah kebalik bu, waktunya banyak... tapi belum diundang xixixi.. :)
    Thx commentnya

    ReplyDelete