Corona Covid-19 dari sisi film - Movielitas

Corona Covid-19 dari sisi film

Membahas tentang Corona-virus atau Covid-19 memang tidak akan pernah habisnya. Penuh perdebatan di dalamnya. Seperti di awal pandemi ini, ukuran “awal” ini relatif, sempat ada perdebatan kecil seputar kesamaan pandemi Covid ini dengan film Contagion. Waktu itu, Movielitas merasa pernah menonton film tersebut. Dibilang mirip ya memang mirip. Kemirip-an nya secara pandemic spread – nya. Penyakit yang (biasanya) dipandang sebagai penyakit “sepele” kemudian menulari manusia dari daily things dan menjadi pandemi global. Bahkan ada potongan dialog dalam film Contagion ini yang sama persis dengan pola protokol kesehatan yang digemborkan oleh tenaga kesehatan di seluruh dunia waktu itu.

google.com

Movielitas memiliki keresahan berbeda tentang Corona atau Covid ini jika diambil dari sudut film. Bisa jadi, pandemi Covid ini “memiliki” kesamaan dengan kisah yang ada di film The Village (2004) disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Inti sederhana film The Village ini adalah adanya sebuah peradaban sekelompok manusia yang hidup dalam kurungan “hutan dan teori” dari para tetua mereka. Movielitas sendiri menyukai film ini. Khususnya gaya plot cerita nya yang memang unik. Penonton awalnya akan diajak untuk “terlalu” serius pada hal yang sangat “sepele” pada akhir-nya.  

Satu hal yang Movielitas yakini, satu saat kelak, akan ada film tentang Corona Covid 19 ini. Entah dari Bollywood, Hollywood dengan superhero penyelamat dunia, gaya Korea pasti akan ditambahkan dengan kisah romantisasi cinta yang memilukan menyayat hati, lalu bagaimana dengan gaya kita? Hmm… ya begitulah.

#staysafe selalu.