Setelah Superman tak bisa lagi terbang...

Film yang diangkat dari komik. Movielitas sendiri sayangnya bukan penggemar komik, jadi tidak tahu tentang komiknya. Menariknya tema komik bukanlah superhero melainkan antihero.

Yang membuat penasaran dari film ini awalnya adalah nama besar Will Smith, ada karakter Joker musuh bebuyutan Batman (dibawakan oleh Jared Leto), dan Harley Quinn. Di luar faktor-faktor itu juga banyak berita-berita tentang "hebohnya" film ini di sosial media yang sedikit banyak ikut membuat penasaran seperti apa film ini.

Storyline-nya agak membingungkan menurut Movielitas. Dikisahkan awal mula misi cerita adalah ketika Superman tidak bisa lagi terbang. Lalu muncul para pengganti Superman. Yang membuat bingung adalah misi para pengganti Superman dan musuh utamanya siapa. Ekspektasi awalnya adalah menghadapi Joker, tapi ternyata bukan. Melainkan melawan kekuatan sihir ala Enchantress yang masuk ke tubuh June Moone.

Jika disimak, kekuatan El Diablo dengan tangan apinya, sepertinya sudah cukup memberi perlawanan imbang tanpa campur tangan karakter hero lainnya. Apalagi karakter Harley Quinn yang tidak jelas kekuatan supernya apa selain seksi-centil-dan pemukul baseball.

Karakter superhero yang ikutan muncul disini adalah Batman dan Flash (Movielitas awalnya mengira Iron Man). Dan ujung-ujungnya sang pemberi misi akhirnya bekerja sama dengan Batman untuk misi yang "tertunda" sebagai persiapan "senjata" bakal ada sekuel Suicide Squad berikutnya (bila dirasa seri ini sukses di pasaran).

-- Pertanyaannya, mengapa tidak dari awal mengontrak Batman dan Flash untuk melawan musuh?? --

-- Mengapa juga harus menyimpan hati Enchantress kalau akhirnya menjadi masalah?? --

-- Misi awal dari Suicide Squad adalah menjemput HVT-1 (atau apalah, #lupa), yang ternyata adalah sang pemberi misi sendiri dan setelah penjemputan, lalu dikawal sampai atap gedung, selesai.

Sebelum menyaksikan sendiri film ini, sebenarnya sudah banyak para penggemar sosial media yang menyebut nama Harley Quinn. Bergaya ataupun sekedar menyebut nama tersebut dalam postingan. Setelah tahu, Movielitas masih belum paham, apa yang begitu "hebat" dari sosok karakter Harley Quinn ini selain pacar dari Joker atau juga bisa disebut Joker versi female, berani seksi, dan gemar berwarna-warni.

Bicara soal formula, film ini memakai konsep umum Hollywood yang gemar memakai tema dengan menampilkan karakter lakon dalam sebuah tim (gabungan banyak karakter di sisi lakon). Umumnya, gaya Hollywood memakai karakter yang terdiri dari kulit putih (Eropa-Amerika), kulit hitam, Asia. Bisa jadi formula tersebut sebagai pesan damai persatuan yang terselubung. Bahkan disini lebih lengkap, ada Will Smith mewakili Amerika kulit hitam, Harley Quinn mewakili kulit putih, Boomerang mewakili benua Australia, El Diablo mewakili Latin, dan Killer Croc diperankan oleh aktor keturunan Afrika dan dari Asia ada karakter samurai Katana.

Satu hal yang menonjol bagi Movielitas dari film ini adalah musik pengiring-nya dan yang paling Movielitas suka adalah Twenty One Pilots dengan lagu Heathens-nya. Dan, Movielitas juga lebih dulu mengenali lagu soundtrack-nya ketimbang film-nya.

Keseluruhan, film yang cocok untuk penggemar DC. Film yang cocok untuk penggemar dengan tema ala komik. Film yang soundtracknya easy listening dan lebih mudah "diterima" daripada cerita filmnya.

Suicide Squad (2016) - 6/10