Pembalasan dendam dari dalam kubur

Yang membuat fim ini menjadi "fenomenal" pada jaman rilisnya adalah tragedi di balik layar. Film ini dibintangi oleh putra mendiang aktor sekaligus praktisi beladiri kungfu Bruce Lee, yaitu Brandon Lee.

Tragedi di balik layar film ini adalah kecelakaan syuting yang mengakibatkan Brandon Lee meninggal dunia. Menurut data, kecelakaan menimpa Brandon terjadi pada adegan yang diletakkan di permulaan film.

Di luar penggunaan stunt-man dan visual efek untuk "melapisi" karakter Eric Draven yang "ditinggalkan" oleh Brandon, sebenarnya menurut Movielitas, bisa dikatakan tidak "seberat" pada film Fast & Furious yang juga tertimpa tragedi di balik layarnya. Aktor utama dalam film tersebut juga meninggal dunia dalam kecelakaan namun kejadiannya di luar acara syuting.

Mengapa bisa lebih mudah, karena disini karakter utama, Eric Draven, digambarkan sebagai pria yang bangkit dari kubur untuk balas dendam. Dan, dikisahkan juga bahwa Eric Draven ini memakai make-up seperti layaknya band Kiss jaman dulu. Atau untuk di era baru-baru ini, make-up Eric Draven bisa dikatakan menyerupai make-up Joker di The Dark Knight. Bahkan potongan rambutnya pun mirip.

Dari segi cerita, hampir 90% atmosfirnya bernuansa dominan gelap malam. Kurang lebih mirip film ala Batman. Bukan film horor namun menggunakan tema dark pembalasan dendam dari dalam kubur.

The Crow (1994) - 6/10