Nostalgia dengan karakter Dick Tracy

Menurut data karakter Dick Tracy merupakan karakter komik, tapi Movielitas sendiri mengenal karakter Dick Tracy ini dari console Sega.

Video game lawas, dan kaset yang Movielitas beli adalah Dick Tracy. Beberapa game lain-nya adalah Shinobi (ninja), Basket NBA 96, Rambo 3. Wah, luar biasa film ini kembali membawa ke masa kanak-kanak yang ceria tiada beban hidup. Meski sederhana dan kalah jauh dalam urusan kecanggihan dengan Playstation atau X-Box, tapi momen keceriaan dan lika-liku perjuangan dalam game-game itu sangat luar biasa bagi Movielitas.

Film ini sukses untuk Movielitas kembali memutar, tak hanya film-nya, tapi juga kenangannya. By the way, sejak tahun kemunculannya film ini, Movielitas justru pertama kali menontonnya saat ini. Keren.

Tidak banyak yang bisa Movielitas ingat dari Dick Tracy ini, console game hingga beberapa kaset permainannya pun entah dimana sekarang berada.

Jubah kuning. Tommy Gun. Itu yang bisa Movielitas ingat dalam game lawas 2 dimensi. Hanya bisa jalan lurus, menembak, bergelantungan di sisi mobil, dan lompat-lompat menghadapi musuh.

Tapi, Movielitas pun tak menyangka soal cerita dalam film ini. Dari sisi storyline-nya, jelas tidak sesederhana game yang pernah Movielitas mainkan. Dalam game, tentu saja hanya perlu maju menembak dan menghindari peluru musuh. Disini, storyline-nya cukup berliku dan dalam. Dan, agak berat. Seperti di salah dialog-nya, the enemy of Tracy's enemy is Tracy's enemy..... #mikirsejenak

Lainnya yang "mengejutkan", karena Movielitas blind info saat memutar perdana film ini, adalah soal jajaran pemain pendukungnya yang luar biasa untuk Movielitas.

Disutradarai oleh Warren Beaty sekaligus berperan sebagai Dick Tracy. Tak tanggung-tanggung disini Beaty harus menghadapi musuh besar yang diperankan oleh aktor kawakan favorit Movielitas, Al Pacino. Lalu, dua nama lagi yang Movielitas kenali film-filmnya adalah Dustin Hoffman dan Madonna.

Dua karakter yang menarik bagi Movielitas karena pemerannya. Yaitu Big Boy dan Breathless. Penampilan paling bersinar buat Movielitas adalah Al Pacino. Al Pacino bermain luar biasa penuh emosional membawakan karakter bos mafia bahkan menyempatkan diri unjuk kebolehan berakting menari bersama queen of pop, Madonna.

Satu lagi adalah Madonna yang tampil seksi dan menggairahkan. Bagi Movielitas sendiri, meski memang senjata andalan Madonna adalah keseksiannya, tapi soal akting-nya sebagai penyanyi yang bekerja pada mafia cukup memuaskan dan menyegarkan. Tidak kalah dengan aktris kelas Hollywood.

Yang mencuri perhatian lainnya adalah setting lokasi yang "unik" dan "lucu". Penuh warna-warni khas komik.

Keseluruhan, film klasik yang masih menarik disimak. Cocok bagi mereka yang sempat mengenal Dick Tracy (baik dari komik ataupun game Sega), sekedar bernostalgia dengan jaman sebelum internet.

Dick Tracy (1990) - 6/10