Talenta yang melangkah gontai di tepi jurang


Selama ini penulis lebih mengenal nama Amy Winehouse daripada karyanya. Dan, melalui film ini kita diajak untuk jauh lebih mengenal salah satu sosok bintang musik dari daratan Inggris Raya.

Berbicara tentang Amy Winehouse dibalik nama besar dan tragedinya, dokumenter yang berisi video rekaman, foto, dan pendapat dari orang terdekat, sosok Amy dikenal sebagai wanita muda berbakat di bidang musik khususnya jazz.

Bagi penulis, mendengar suara Amy mengingatkan pada suara Janice di serial Friends. Tapi lebih melodius dan serius tanpa... Ohhh my goddd...

Suara khas dan bakat Amy di dunia jazz dengan usia sangat muda diakui oleh banyak pihak bahkan penyanyi jazz senior dunia. Sayangnya, talenta seorang Amy sepertinya beriringan dengan kebiasaan yang kurang baik. Disini diceritakan bahwa pencapaian seorang Amy digerogoti oleh obat terlarang dan kecanduan alkohol tingkat tinggi.

Menjadi ironis, salah satu lagu Amy yang menjadi hits adalah Rehab. Amy yang berhasil meraih pengakuan serta penghargaan dunia musik internasional harus jatuh bangun bukan saja dalam karir tapi memulihkan keadaan dari kecanduannya. Puncak karier cemerlang Amy adalah menyabet penghargaan dari Grammy Awards mengalahkan pesaing sekelas Rihanna juga Beyonce.

Film ini mungkin bisa dijadikan pembelajaran bahwa talenta yang dimiliki manusia hendaknya diasah dengan baik. Kesalahan memang selalu ada, hal buruk pasti ada pada setiap manusia. Melalui kisah Amy ini kita diajarkan bahwa musuh utama kesuksesan bukan lah dunia luar kita yang menghambat cita-cita melainkan diri kita sendiri.

Amy (2015) - 7/10