18 hari menuju kiamat


Sekedar ber-nostalgia dengan salah satu film yang sempat fenomenal saat penulis masih duduk di bangku sekolah. Filmnya -kalau disimak ulang setelah puluhan tahun - terasa biasa saja. Tapi tetap ada peninggalan sisi fenomenalnya yaitu lagunya yang dibawakan mesra oleh Steven Tyler dkk dari Aerosmith.

Dilihat dari jajaran cast-nya memang berkelas, sebut saja Bruce Willis, Ben Affleck, Will Patton, Owen Wilson, Liv Tyler, Billy Bob Thornton.

Kalau dari sisi cerita, parahnya penulis kali ini mendapatkan film yang hancur. Ada moment yang dipotong dan mengurangi kenyamanan. Seingat penulis ada moment persiapan meluncur moment latihan para pengebor di kantor nya si NASA yang ada iringan lagu Sweet Emotion-nya Aerosmith. Lalu adegan music score dengan adegan mainan kue kering di perut Liv juga hilang. Disini justru tiba-tiba siap diberangkatkan begitu saja.

Setelah puluhan tahun lama berselang menikmati karya sutradara Michael Bay ini memang terasa biasa saja ternyata. Bahkan NASA pun "menyerah" dan meminta tolong para pengebor minyak. Logikanya, latihan beberapa hari "mengalahkan" petugas NASA yang bertahun-tahun belajar terbang ke bulan.

Konfliknya serius hanya saja penyisipan komedi-nya juga terasa berlebihan. Beberapa gaya urakan para pengebor minyak juga di beberapa titik terasa terlalu dikonyolkan.

Lagu lainnya yang berkesan selain I Don't Wanna Miss A Thing yaitu alunan suara Chantal Kreviazuk dengan Leaving On A Jet Plane. Keren.

Bagaimanapun juga, tetap film ini memiliki kenangan indah tersendiri buat penulis.

Armageddon (1998) - 6/10