Kecemburuan seorang Henry


Film ini termasuk salah satu film yang menarik karena menampilkan cerita umum yang berbeda. Bila pemeran utamanya seorang dewasa dalam cerita psikologi thriller itu sudah biasa, dan menariknya disini drama psikologi thriller menampilkan karakter anak-anak.

Konsep seperti di film ini dipakai juga dalam The Orphan, namun karakter evil dalam Orphan ternyata hanya fisik semata yang "menyerupai" anak-anak. Bagus. Disini berbeda lagi karena karakter ceritanya memang seorang anak yang berjiwa evil.

Menariknya lagi, karakter evil ini diperankan oleh Macaulay Culkin yang melejit lewat Home Alone. Tentu saja, film ini akhirnya menjadi ajang kualitas akting sang Culkin. Karena seperti yang diketahui bahwa Home Alone adalah genre komedi keluarga dan Culkin memerankan seorang anak yang pemberani sekaligus polos menggemaskan. Disini, Culkin memainkan karakter yang berbelok tajam dari bayangan Kevin yang "terlanjur" melekat.

Namun, setelah menyimak film ini, ternyata kualitas akting Culkin terbilang cukup lumayan untuk ukuran anak-anak. Dengan bantuan aktor yang saat itu juga masih kanak-kanak, Elijah Wood, Culkin mampu menampilkan sosok Henry yang sedang cemburu akan kasih sayang dalam keluarganya. Lewat akting Culkin-Wood, mereka mampu menampilkan drama psikologi thriller yang cukup apik dengan bobot alur cerita yang tidak berat.

Di sepanjang film, momen yang cukup "mengerikan" bagi penulis adalah ketika Henry sedang "bermain" dengan alat panahnya membidik seekor kucing, kemudian mengacaukan lalu lintas. Dan, paling berkesan adalah momen pamungkas, dimana seorang ibu sedang dalam dilema memegang dua orang anak kecil yang akan terjatuh dari tebing.

The Good Son (1993) - 6/10