Teknologi menyentuh takdir


Salah satu film kolaborasi Denzel Washington dan Tony Scott. Sejauh yang penulis ingat kolaborasi mereka ada di Taking Pelham dan Unstoppable. Karena dua film itu yang penulis spontan teringat ketika melihat gaya intro film ini.

Hampir mirip atmosfirnya. Gaya gambarnya dan terutama gaya echo klaksonnya. Bila di Taking Pelham ada tambahan warna lagu 99Problems.

Dari segi cerita, penulis tertarik pada mulai kasus ledakan hingga penyelidikan Claire. Disitu konfliknya cukup bagus. Memasuki babak pengenalan teknologi 3D satelit yang bisa memindai hingga 4 hari ke belakang bahkan hingga "masuk" ke dalam kehidupan seseorang, daya tarik cerita mulai pelan berkurang. Meski konflik misteri masih terjaga menarik. Hanya saja, sayangnya ada pergeseran dari crime story menjadi fantasy crime story.

Semakin ke dalam ternyata semakin biasa saja dengan gaya time machine. Semakin beraroma fantasi meski tetap di satu sisi, twist cukup bagus. Apa yang menjadi misteri di depan, terjawab di momen time machine.

Bagi penulis pribadi, kolaborasi Denzel-"Scott Free" lebih menarik di Taking Pelham atau Unstoppable. Lebih simple cerita maupun konfliknya. Lebih natural tanpa campur tangan dunia fantasi.

Deja Vu (2006) - 6/10