Saudara dalam perang saudara


Salah satu war movie buatan Korea yang mengambil setting perang "saudara" antara Selatan Korea dan Utara Korea.

Yang menarik disini adalah konfliknya yang berliku, dalam dan dramatis. Tentang kakak-adik Jin Tae dan Jin Seok yang secara "kebetulan" harus menjadi sukarelawan sebagai prajurit saat perang selatan melawan utara meletus. Berbagai cara sang kakak berupaya agar sang adik bisa kembali pulang dan meneruskan nama keluarga mereka sekaligus meneruskan pendidikan kuliah.

Konflik berikutnya di tengah konflik pertama berubah arah pelan-pelan. Konfliknya kali ini seputar ambisi kakak, Jin Tae, yang terobsesi akan pujaan dan sebagai pahlawan. Hal ini mulai membutakan mata Jin Tae dan mulai terlena, meski tak lupa bahwa misi sesungguhnya adalah memulangkan sang adik dari wajib militernya.

Belum selesai konflik kedua, kembali konflik baru disodorkan. Kembali dramatis ketika film ini mengangkat bahwa "siapapun" bisa saja berperang di sisi selatan atau juga utara, karena memang mereka serumpun dan semestinya satu negara hanya berbeda ideologi. Seperti yang dilakukan Jin Tae di saat tahu sang adik dianggap telah mati dan kekasihnya dibunuh oleh warga Selatan sendiri, Jin Tae bergabung dengan komunis utara.

Film ini juga membawa pesan bahwa perang bisa membutakan mata. Ada momen ketika Jin Tae akhirnya harus membunuh rekan satu perjuangan di saat masih berprofesi penyemir sepatu. Dan juga ketika Jin Tae bergabung dan berjuang bersama dengan komunis.

Dramatisasi perang ala Korea bisa dibilang cukup bagus. Terutama bagi penggemar Won Bin atau penggemar film Korea khususnya drama.

Di jaman sekarang, perang bukanlah jalan terbaik. Karena hanya akan menimbulkan luka dalam dalam kehidupan.

Tae Guk Gi (2004) - 6/10