Hingar bingar menuju pelaminan


Akhirnya...setelah sekian lama, Jimbo pun "harus" menikah. Dan pilihan Jimbo bukan pada si seksi Nadia, melainkan Michelle.

Setelah sukses membuat komedi di jilid satu lalu sedikit "merosot" di jilid dua, kini sepertinya harus penulis bilang, lebih fresh.

Kali ini, tampilannya lebih segar. Karena selain Jim, yang masih selalu mengacaukan keadaan dengan keluguannya, diperkuat dengan posisi Stiffler yang diberi porsi tampil cukup dominan.

Alur ceritanya pun mulai bergeser dewasa. Tak hanya seputar party hura-hura ala anak muda, meski tetap saja bahan dasar banyolan-nya adalah seputar seksualitas, melainkan konflik pra wedding.

Dari sisi komedi, juga menjadi lebih segar dengan tampilan Stiffler sebagai pengacau keadaan. Tarian khas lompat-lompat, makan "coklat" sebagai pengganti ciri khas salah "minum"-nya Stiffler, granny-fvcker...

Selain Stiffler, karakter Jim pun tak mau kalah meninggalkan moment berkesan dengan tragedi "potong rambut"-nya.

Alur ceritanya pun dibuat berbeda seperti sebelumnya. Disini tampil lebih kompleks. Jadi, tak hanya konflik pra nikah, tapi juga konflik sikap Stiffler yang seringkali bermasalah dengan sikapnya, juga ada konflik rebutan cinta adik Michelle.

Selain karakter, kecuali Chris "Oz", ditampilkan tanpa banyak perubahan. Begitu juga dengan lagu pengiring cerita yang sejak pertama kali American Pie selalu memakai gaya aliran musik Alternative-Melodic-Rock. Rancak-dinamis.

Sepertinya lagu juga menentukan mood. Di jilid pertama, ada Sway yang lembut, Stranger By The Day yang mantab, ada juga alunan musik dinamis dari Blink182, hasilnya? Film pun terasa lebih menarik.

Di seri kedua, sejauh penulis amati, kurang ada lagu "easy listening". Hal ini kemudian dibantahkan di seri ketiga ini dengan kembali menampilkan band-band yang dengan lagu-lagu yang easy listening. Ada Good Charlotte, juga lagu ending Laid yang melodius.

Keseluruhan, seri ketiga American Pie ini jauh lebih menarik dibandingkan dengan dua seri sebelumnya. Lebih kocak dan menghibur.

American Pie 3 : American Wedding (2003) - 7/10