Hari terakhir yang tersendiri



Sebuah drama sendu. Kesannya seperti teaterikal yang seolah bermain dengan makna tersembunyi. Diambil dari sebagian kecil kisah hidup Kurt Cobain.

Penulis masih tak percaya apakah memang benar mengadaptasi kisah Kurt atau tidak. Tapi, bila benar memang mengadaptasi dari kisah hidup Kurt tentu saja menarik meski konsep, alur, dan konflik film biasa saja bahkan absurd dengan gaya hidup Blake yang "berantakan" disini.

Kontras bila memang hidup Kurt seperti yang terlukis disini. Nama Kurt bukanlah nama orang biasa karena prestasi Kurt sudah mendunia dalam dunia tarik suara. Penulis mengenal beberapa saja dari lagu Kurt. Ironisnya, dibalik kegemilangan album larisnya, Kurt hidup terkucilkan dari keramaian hiruk pikuk. Menyendiri. Menarik diri dari sosialisasi. Bergaya aneh dengan kostumnya sehari-hari seperti tak terawat.

Alur ceritanya sendiri terasa suram dan sendu. Terlalu berat untuk penulis. Kurang simple dan kurang jelas. Tersamarkan dalam bentuk seperti layaknya balutan makna dalam lirik puisi. Film ini seperti menyimbolkan sisi hidup Kurt melalui visual. Hanya yang menonjol tentu saja akting personalisasi dari Michael Pitt yang benar-benar dalam, paling tidak dari kualitas akting Michael Pitt, penulis bisa meraba sedikit bagaimana kehidupan Kurt Cobain.

Last Days (2005) - 5/10